Luwu Utara Dapat Jatah Tenaga Nusantara Sehat Batch ke-16

Ilustrasi tenaga kesehatan
Ilustrasi tenaga kesehatan.

Makassar, SULSELSEHAT — Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Limbong di Kabupaten Luwu Utara menjadi salah satu daerah yang disasar Program Nusantara Sehat Team Based Batch ke-16 Kementerian Kesehatan RI.

Pada Batch ke-16 kali ini ada 14 puskesmas yang akan disasar di 9 kabupaten dari 7 provinsi di Indonesia.

Diantaranya Puskesmas Jagong Kabupaten Aceh Tengah, Puskesmas Mane Kabupaten Pidie, Puskesmas Batombawo dan Batombuzui Kabupaten Nias, Puskesmas Limbong Kabupaten Luwu Utara, Puskesmas Kantewu dan Towulu Kabupaten Sigi.

Selain itu juga Puskesmas Laonti Kabupaten Konawe Selatan, Puskesmas Elpaputih Kabupaten Seram Bagian Barat, Puskesmas Panambulai, Meror dan Wakua Kepulauan Aru, Puskesmas Kombut dan Yaniruma Kabupaten Boven Diguel.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI drg. Oscar Primadi mengatakan, dalam program ini ada 93 tenaga kesehatan dari berbagai profesi yang akan disebar di pusat layanan kesehatan masyarakat.

Masing-masing 11 orang ahli teknologi laboratorium medik,12 orang bidan, 6 dokter gigi, 9 dokter umum, 13 perawat, 12 tenaga farmasi,13 tenaga gizi, 10 tenaga kesehatan lingkungan, dan 7 tenaga kesehatan masyarakat.

“Sebelum kita terjunkan ke lapangan, para tenaga kesehatan ini kita telah bekali melalui pelatihan dengan metode blended learning yakni pelaksanaan secara online dan kelas virtual serta klasikal,” katanya di sela-sela melepas tenaga Nusantara Sehat Batch ke-16,Kamis (3/12/2020).

Tenaga kesehatan yang lolos seleksi Nusantara Sehat telah mendapatkan pembekalan berupa keahlian medis dan non-medis yang mencakup pelatihan kepemimpinan, manajerial, dan komunikasi, serta pemahaman terhadap budaya-budaya lokal.

Oscar mengungkapkan, penempatan tenaga kesehatan berbasis tim ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di wilayah Indonesia terluar, perbatasan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan membangun Indonesia dari pinggiran.

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan adalah pelayanan esensial/primer seperti pemeriksaan ibu hamil, pemberian imunisasi pada balita, pemantauan tumbuh kembang anak, dan sebagainya.

“Kita berharap para tenaga kesehatan ini dapat bekerja dengan loyal, berintegritas, dan dapat diandalkan oleh masyarakat. Selain itu agar terus bekerjasama yang baik dengan lintas program dan lintas sektor terkait untuk menjadi tim yang solid sehingga dapat bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Menurutnya, peran tenaga kesehatan di puskesmas sangat penting untuk menjaga masyarakat tetap sehat, terutama pada masa pandemi virus corona atau Covid-19.

“Puskesmas juga diharapkan mewujudkan kemandirian masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dalam memperbaiki derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT