Protokol Kesehatan Covid-19 Harus Diadaptasi Jadi Kebiasaan Baru

Ilustrasi pengguna masker.
Ilustrasi pengguna masker. Menggunakan masker menjadi salah satu penerapan protokol kesehatan dalam menekan penyebaran Covid-19. (Foto: RadioIdola.com)

Makassar, SULSELSEHAT — Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia drg. Kartini Rustandi, membahas “Protokol Kesehatan Sebagai Dasar Adaptasi Kebiasaan Baru”.

 

Hal ini menjadi topik bahasan dalam Webinar Internasional dengan tema “Best Practice K3 di Tempat Kerja Dalam Kondisi Pandemi Covid-19” yang digelar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin, Kamis (09/07/2020).

JANGAN LEWATKAN :

Menurut drg. Kartini, protokol kesehatan menjadi aturan yang wajib dilakukan masyarakat ditengah pelonggaran aktivitas selama masa pandemi virus corona atau Covid-19. Sehingga penerapan protokol kesehatan ini pun harus bisa di adaptasi menjadi sebuah kebiasaan.

BACA:  Corona Menyerang Istana, 18 Staf Kepresidenan Dinyatakan Positif

“Adaptasi perlu dilakukan oleh masyarakat sebagai upaya penyesuaian diri pasca pandemi Covid-19 agar masyarakat kembali melakukan kegiatan produktif sehari-hari,” katanya.

Ia mengatakan, adaptasi tersebut memerlukan upaya salah satunya dengan menghadirkan norma baru yang membawa aktivitas masyarakat pada budaya yang didalamnya terdapat penerapan protokol kesehatan.

Sementara, di wilayah kawasan kerja seluruh komponen dinilai berperan penting dalam upaya pencegahan dan penularan Covid-19.

Dari sisi manajemen kepemilikan, upaya tersebut dapat dilakukan dengan menetapkan kebijakan yang sesuai dengan kondisi saat ini, memfasilitasi tempat kerja yang aman, dan melakukan pemantauan secara proaktif.

Termasuk pula memberikan sosialisasi dan edukasi bagi pekerja, dan upaya lain sebagai bentuk menekan laju penyebaran Covid-19 di tempat kerja.

BACA:  Keluarga Jemput Paksa Jenazah Covid-19 di RS, Menko PMK: Tidak Boleh Terjadi Lagi!

“Bukan hanya manajemen pemilik yang harus diperhatikan. Pekerja juga ikut berperan dengan menerapkan protokol kesehatan baik ketika dirumah, dalam perjalanan pergi maupun pulang dari beraktivitas, di lokasi kerja sampai kembali ke rumah. Semuanya mengambil peranan penting untuk itu,” tegasnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT