Jelang Idul Adha, DP2 Makassar Perketat Protokol Kesehatan Pemotongan Hewan Kurban

Dinas Peternakan dan Perikanan (DP2) Makassar Abdul Rahman Bando
Dinas Peternakan dan Perikanan (DP2) Makassar Abdul Rahman Bando

Makassar, SULSELSEHAT — Menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 mendatang, Dinas Peternakan dan Perikanan (DP2) Makassar akan menerjunkan tim untuk menggelar pemeriksaan hewan kurban.

Sama seperti tahun sebelumnya, pemeriksanan hewan kurban akan digelar 7 hari sebelum pelaksanaan Idul Adha.

JANGAN LEWATKAN :

Kepala DP2 Makassar, Abdul Rahman Bando mengatakan, pemeriksaan hewan kurban pada H-7 lebaran Idul Adha sekaligus mendata berapa jumlah hewan kurban yang tersedia.

“Kami sekarang sementara persiapan. Kami akan bersinergi dengan Prodi Kesehatan Hewan Unhas, Prodi Peternakan UIN dan Universitas 45,” kata Rahman saat dihubungi melalui WhatsApp, Jumat 17 Juli 2020.

BACA:  Bertambah Empat, Dokter Meninggal Akibat Covid-19 Tercatat 72 Orang

Dalam pemeriksaan hewan kurban nanti, jelas mantan Plt Kadis Pendidikan ini, meliputi pemeriksaan fisik (kesempurnaan fisik) dan pemeriksaan kesehatan hewan.

Adapun tambahan khusus di masa pandemik Covid-19, dia menegaskan seluruh tim pemeriksa kesehatan hewan kurban, panitia kurban dan para pembeli hewan kurban harus menerapkan protokol kesehatan.

“Hewan-hewan ternak yang dibawa masuk ke Makassar perlu dipantau dengan ketat, wajib melalui protokol kesehatan. Mulai pedagang sampai pemotong hewan juga harus dipastikan bebas dari Covid-19,” tutupnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT