Lagi, Prof Idrus Beberkan Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Atasi Covid-19

Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Idrus Paturusi membeberkan jika minyak kayu putih sangat bermanfaat dalam penyembuhan pasien Covid-19.

Makassar, SULSELSEHAT — Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Idrus Paturusi membeberkan jika minyak kayu putih sangat bermanfaat dalam membantu penyembuhan pasien Covid-19.

Menurut Prof Idrus, minyak kayu putih saat ini tengah diteliti atas kerjasama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Universitas Indonesia dan Universitas Hasanuddin.

JANGAN LEWATKAN :

Hal tersebut dikatakannya usai menyerahkan 5.000 botol minyak kayu putih bantuan dari Satgas Covid-19 Unhas dan IDI Makassar kepada PJ Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin.

“Akan dibagikan secara gratis ke pusat-pusat isolasi wisata covid atau pun yang isolasi mandiri. Kita juga akan melihat sejauh mana dampaknya, akan tetapi sejauh ini terjadi perbaikan klinis terhadap yang menggunakan minyak kayu putih ini,” terangnya disela-sela penyerahan minyak kayu putih ke Pemkot Makassar, Senin (20/07/2020).

BACA:  Ini 4 Kecamatan di Makassar yang Tembus Angka 300-an Positif Covid-19

Minyak kayu putih dipercaya secara turun- menurun oleh masyarakat sebagai obat alternatif jika terkena flu.

Selain itu, minyak kayu putih belakangan ini mulai digunakan sebagai produk herbal alternatif untuk Covid-19 karena belum adanya vaksin.

“Paling tidak bisa membantu, dan siapa tahu penelitian kita itu signifikan memberikan efek penyembuhan dan kemudian bisa kita buktikan eucalyptus ini membunuh virus tentu luar biasa. Karena murah, tradisional, dan tentu bisa menyelesaikan masalah covid ini,” pungkasnya.

Menurut Prof Idrus, minyak kayu putih memiliki kandungan 1,8 sineol.

Unsur 1,8 sineol ini sudah diteliti ribuan jurnal di dunia. Memiliki dasar ilmiah sebagai anti inflamasi, anti nyeri, anti virus, anti bakteri, mengencerkan dahak, dan bisa mengeluarkan dahak.

BACA:  Update Covid-19: 630 Pasien Positif di Kabupaten Gowa, 11 Kasus Baru

Upaya pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 di kota Makassar terus mendapat support dari berbagai kalangan.

Dukungan datang dari berbagai lembaga pemerintah, perguruan tinggi, atau pun lembaga swasta serta komunitasdan tokoh masyarakat.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT