Olahraga di Waktu Pandemi Covid-19 Tambah Imunitas dan Cegah Stres

Melakukan olahraga ditengah pandemi Covid-19
Melakukan olahraga ditengah pandemi Covid-19 dapat meningkatkan imunitas tubuh. Saat melakukan olahraga penerapan protokol kesehatan harus dilakukan.

Makassar, SULSELSEHAT. COM — Menjaga kebugaran tubuh di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 adalah keharusan. Sehingga sangatlah penting melakukan olahraga meski masih berada di masa pandemi seperti ini.

Menurut Dokter Spesialis Bedah Tulang dr. Andi Nusawarta mengatakan, berolahraga memberikan banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya memberikan manfaat bagi kesehatan tulang.

Khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti ini ada lima manfaat yang dapat dirasakan jika olahraga tetap dapat dilakukan dengan baik dan benar. Meskipun saat sedang menjalankan aktivitas dari rumah atau work from home (WFH).

Pertama, adanya kebijakan WFH cenderung membuat kita malas berolahraga. Sementara dari rasa malas bergerak dan berolahraga ini justru akan memicu penurunan imunitas tubuh sehingga cendrung memudahkan seseorang terpapar berbagai penyakit, seperti terpapar Covid-19.

“Salah satu mencegah diri dari paparan Covid-19 ada memastikan imunitas tubuh tetap baik. Selain mengkonsumsi multivitamin dan makanan yang bergizi, olahraga juga dapat meningkatkan imunitas tubuh kita,” katanya, Senin (16/11/2020).

Kedua, olahraga yang benar dan dilakukan dengan tepat akan mencegah keparahan jika terpapar Covid-19. Misalnya bagi yang suka olahraga jangan khawatir, karena beratnya infeksi Covid-19 itu merupakan karena ketidakseimbangan antara tingkat daya tahan tubuh dengan reaksi peradangan tubuh.

“Jadi apabila daya tahan tubuh kita baik, dan meningkat maka reaksi peradangannya juga rendah sehingga terinfeksinya juga ringan dan mungkin kita hanya perlu isolasi mandiri saat terpapar virus,” katanya lagi.

Lanjut Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin ini, manfaat ketiga yang dirasakan seseorang yang tetap berolahraga dengan benar adalah dapat mengontrol berat badan. Berat badan yg berlebih akan menyebabkan reaksi peradangan yang berlebih pula.

Menurutnya, apabila seseorang terpapar Covid-19 dan tidak mampu menjaga berat badan atau over weight, maka infeksinya juga akan terlalu berat. Hal ini biasanya yang dapat menyebabkan kematian.

Keempat, olahraga yang benar dan dilakukan dengan tepat akan mencegah kecemasan dan depresi selama pandemi. Hingga saat ini, di era adaptasi kebiasaan baru semua orang masih mengalami cemas, dan depresi.

Apalagi dengan melihat kondisi yang hingga saat ini masih simpang siur, belum kondisi kasus penularan yang masih mengalami peningkatan di beberapa daerah.

“Dengan kita berolahraga yang baik maka akan membangkitkan kegembiraan dan kesegaran. Intinya, olahraga manfaatnya banyak sekali,” terang Alumni Spesialis Bedah Ortopedi di Universitas Hasanuddin ini.

Kelima, olahraga yang benar dapat mengontrol penggerak penyakit Covid-19, seperti yang kita ketahui bersama bahwa beberapa kasus pasien yang meninggal karena adanya penyakit penyerta atau komorbid.

Dengan olahraga yang baik seseorang bisa mengontrol penyakit-penyakit tersebut. Seperti diabetes, jantung dan kanker.

“Jika kita ingin melakukan olahraga di luar rumah maka hal yang wajib dilakukan adalah mematuhi penerapan protokol kesehatan. Memakai masker, rajin mencuci tangan, apalagi setelah berolahraga dan menjaga jarak. Hindari olahraga di tempat berkerumun,” ujarnya.

Sementara jika berolahraga di dalam rumah ada beberapa pilihan olahraga yang tepat. Salah satunya olahraga kardio.

Olahraga ini sangat tepat jika ingin membakar lemak, olahraga ini dapat dilakukan di rumah sehingga dapat mencegah dari terpapar virus.

“Ada juga Treatmel, skipping, naik turun tangan, dan jalan cepat di sekitar rumah. Bisa juga dengan melakukan senam atau zumba, yoga, serta an aerobik,” tutupnya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT