1.038 Penyelenggara Pilkada Makassar akan Jalani Tes Kesehatan

RDT Covid
Ilustrasi Pemeriksaan Rapid Test Covid-19. [Foto: DKSR Unhas]

Makassar, SULSELSEHAT. COM — Untuk memastikan seluruh penyelenggaraan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar dalam kondisi sehat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan melakukan tes kesehatan kepada 1.038 panitia penyelenggara.

“Tes kesehatan yang mereka akan jalani yaitu rapid tes. Seluruh panitia kita wajib sehat, karena pelaksanaan pilkada tahun ini di masa pandemi virus corona atau Covid-19,” kata Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari, Senin (16/11/2020).

JANGAN LEWATKAN :

Ia melanjutkan, ribuan penyelenggara pemilu yang menjalani rapid tes adalah mereka yang masuk dalam Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Makassar.

BACA:  Tak Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19 di Makassar, Siap-siap Didenda Hingga Rp20 Juta

“Jumlah keseluruhan itu sebanyak 1.038 orang yang terdiri dari PPK, PPS, dan sekertariat,” katanya lagi.

Ribuan penyelenggara pemilu tersebut menjalani rapid tes secara terpisah sesuai dengan wilayah atau kecamatan tempat mereka bertugas. Mereka tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kota Makassar.

Pemeriksaan daya tahan tubuh dan virus korona terhadap ribuan penyelenggara pemilu itu untuk memastikan kondisi mereka baik daya tahan tubuh maupun kesehatan berada dalam kondisi baik-baik saja. Apalagi saat ini dalam masa pandemi virus korona.

“Jadi, rapid test ini dilakukan untuk memastikan daya tahan tubuh dan kesehatan penyelenggara tetap stabil,” jelasnya.

Menurut Endang, pemeriksaan dengan rapid tes itu dilakukan mengingat pada bulan (November) ini sudah memasuki pekan-pekan yang krusial. Menjelang hari pemilihan yang rencananya akan digelar pada Desember mendatang.

BACA:  Covid-19 Terus Bertambah, DPRD Gowa Akan Evaluasi Penerapan Perbup Wajib Masker

“Kami ingin memastikan (kesehatan) mereka sebelum memasuki pekan-pekan krusial jelang hari H dalam persiapan penyelenggaraan Pilwali Makassar 2020,” jelasnya lagi.

Sementara, untuk para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tersebar di setiap kelurahan mereka menjalani rapid tes mulai Senin, (16/11) secara bertahap.

“KPPS kita jadwalkan di rapid tes mulai hari ini secara bertahap,” ungkapnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT