Nakes yang Mau Divaksin Covid-19 Kini Bisa Daftar Via Whatsapp

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Dalam rangka mempermudah layanan vaksinasi virus corona atau Covid-1, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI menyediakan layanan registrasi Chatboat WhatsApp melalui nomor 0811-1050-0567.

Vice President Kebijakan dan Komunikasi WhatsApp, Victoria Grand mengatakan, kolaborasi WhatssApp dengan pemerintah terkait proses vaksinasi Covid-19 menjadi yang pertama kalinya di dunia.

JANGAN LEWATKAN :

Chatboat WhatsApp digunakan untuk mempermudah proses bagi para tenaga kesehatan untuk mendapatkan vaksin di seluruh daerah.

“Layanan ini tujuannya untuk mempermudah penerima vaksinasi Covid-19 melakukan registrasi dimana pun. Untuk sementara registrasi melalui Whatsapp ini hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan,” katanya dalam pernyataannya, Selasa (19/1/2021).

BACA:  Bagikan 1,2 Juta Masker, Bupati Gowa Harap Kurva Penularan Covid-19 Turun

Lanjutnya, setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar.

Selanjutnya mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksaan vaksin. Proses registrasi ini dapat dilakukan jika tenaga kesehatan bersangkutan belum terdaftar sebagai penerima vaksin.

Meski proses registrasi dilakukan melalui pendaftaran online atau Whatsapp, pemerintah telah memastikan akan menjaga data privasi pendaftaran dengan baik.

“Kami berharap tim medis yang telah dengan sangat berani berada di garda terdepan selama hampir satu tahun, akan mendapat proses yang aman dan mudah dalam mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin,” kata Victoria Grand.

Ia menjelaskan, untuk proses registrasi melalui Whatsapp ini dapat dilakukan dengan mengirimkan kata kunci “Vaksin” dinomor yang telah ditetapkan. Setelah itu akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan.

BACA:  Bertambah 1 Lagi, Total Positif Covid-19 di Tana Toraja Sudah 7 Kasus

Setelah itu penerima vaksinasi akan diminta mengirimkan enam angka terakhir dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk digunakan mendaftar. Setelah itu tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

“Langkah selanjutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin. Berikutnya Chatboat akan membagikan jadwal vaksin untuk dikonfirmasi. Setelah itu tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, mengingat pentingnya program vaksinasi Covid-19, pemerintah berharap masyarakat mendukung dan berpartisipasi aktif mengikuti setiap tahapan pelaksanaannya.

“Pemerintah juga akan menjamin keamanan data penerima vaksinasi Covid-19 sesuai peraturan perundang-undangan,” singkatnya.

BACA:  Akademisi FKM Unhas: UGD Rumah Sakit Tak Boleh Ditutup Karena Alasan Renovasi

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT