Gubernur NA Minta Komitmen Hotel dan Resto Lawan Covid-19

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat memimpin rapat kordinasi Tim Satgas Penanganan Covid-19 bersama seluruh pihak hotel dan resto yang ada di Sulawesi Selatan. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Pencegahan dan penanganan virus corona atau Covid-19 menjadi tanggung jawab seluruh pihak, termasuk hotel dan restoran yang saat ini mulai terbuka secara bertahap.

Karena itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah meminta pihak hotel dan restoran yang ada di daerah ini untuk berkomitmen kuat menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

JANGAN LEWATKAN :

“Kita harap komitmen dalam menjaga protokol Covid-19 ini demi terus mempertahankan Sulsel keluar dari zona penyebaran,” katanya saat memimpin rapat kordinasi Tim Satgas Penanganan Covid-19 bersama seluruh pihak hotel dan resto yang ada di Sulawesi Selatan, Rabu (25/11/2020).

BACA:  Tembus 241 Kasus Covid-19, Pekan Depan Pemkab Bulukumba akan Berlakukan Sekolah Tatap Muka

Untuk menegaskan komitmen tersebut, pihaknya bersama seluruh manajemen hotel dan restor melakukan penandatanganan fakta integritas untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kita akan terus berjuang menangani persoalan Covid-19 ini. Sehingga, dibutuhkan keseriusan dari seluruh pihak, khususnya hotel dan resto untuk menjaga hal ini,” katanya lagi.

Apalagi di era adaptasi kebiasaan baru saat ini beberapa aktivitas sudah mulai bergerak, termasuk aktivitas ekonomi. Sehingga di sela-sela aktivitas tersebut pihaknya tidak ingin ada tambahan atau peningkatan kasus penyebaran yang saat ini sudah bisa dikendalikan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Sulsel.

“Kita harus menjaga keberhasilan kita mengendalikan Covid-19. Jadi, jangan sampai ada lonjakan kasus atau timbul klaster baru,” ujarnya.

BACA:  Update Covid-19 Toraja: 8 Kasus Positif, 6 Sembuh dan 1 Meninggal Dunia

Olehnya itu, pihaknya akan membentuk tim khusus untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di setiap hotel yang ingin melakukan kegiatan dan melibatkan banyak orang, seperti pernikahan dan sebagainya.

Jika dalam pelaksanaannya ditemukan pelanggaran protokol kesehatan atau tidak mengindahkan komitmen tersebut pihaknya akan memberikan sanksi tegas hingga penutupan kembali.

“Kalau masih terus berlangsung pelanggaran protokol, kita akan berikan punishment, kita akan tutup. Kita tidak akan pandang bulu,” tegasnya.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan Anggiat Sinaga mengaku siap berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Buat kita semua poin yang menjadi komitmen tidak ada masalah dan sebagian besar telah kita lakukan,” jelasnya.

BACA:  Pemkab Gowa Siapkan Layanan Infection Center di RSUD Syekh Yusuf

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT