Dinilai Berhasil, Penanganan Covid-19 di Sulsel Diharapkan Terus jadi Percontohan Nasional

Makassar, SULSELSEHAT — Penanganan virus corona atau Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dinilai berhasil. Hal ini lantaran trend penularan dapat ditekan serta angka kesembuhan semakin membaik.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah pun berharap agar sistem penanganan Covid-19 di Sulsel tetap menjadi contoh di nasional. Apalagi hal ini telah menjadi imbauan langsung dari Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat Doni Monardo.

JANGAN LEWATKAN :

“Kemarin saya ditelepon sama Pak Doni Monardo, beliau mengatakan agar bagaimana Sulsel ini dapat terus menjadi contoh penanganan Covid-19 secara nasional. Karena beberapa daerah saat ini mulai mencontohi penanganan yang dilakukan di Sulsel,” katanya, Jumat (27/11/2020).

BACA:  IDI Harap Vaksinasi Diutamakan di Wilayah Penyebaran Tertinggi Covid-19

Olehnya, dirinya pun meminta agar seluruh pihak berkomitmen dalam menangani pandemi Covid-19 ini. Mulai dari unsur pemerintah, tenaga kesehatan, TNI, Polri, perhotelan, restoran, pelaku usaha lainnya, serta seluruh tokoh dan elemen masyarakat.

Menurut Nurdin, untuk terus menjaga pencapaian ini harus ada komitmen bersama seluruh elemen termasuk pelaku usaha, hotel serta restoran agar dalam aktivitas sosial dan ekonomi yang telah berlangsung, penularan
Covid-19 tetap dapat ditekan dan dicegah.

“Kami berharap komitmen kita semua dalam menjaga kesehatan dan protokol kesehatan secara ketat di mana saja,” ungkapnya.

Sementara, Kasdam XIV Hasanuddin Brigadir Jenderal TNI Andi Muhammad mengatakan hal senada. Ia mengaku, saat ini penanganan Covid-19 yang dilakukan Sulsel menjadi percontohan di beberapa wilayah yang angka kasus penularannya masih cukup tinggi.

BACA:  Pemkab Bulukumba Buka Aktivitas Sekolah di Tengah Pandemi Covid-19, NA: Tunggu Kajian Epidemiolog

“Memang kita ini sudah menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Saya banyak mendengar apa yang disampaikan oleh Menkopolhukam dan beberapa daerah lain mengakui bahwa Sulsel kini menjadi contoh,” ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih Sulsel dalam penanganan Covid-19 berkat koordinasi dan sinergi dari seluruh elemen mulai dari tingkat atas hingga di tingkat bawah.

“Saya kira koordinasi dan sinergi kita memang terus terjaga. Jadi memang kita semua tidak ada kata mundur karena malam pun kita tetap laksanakan,” tegasnya.

Dalam mengawal pengawasan penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat umum seperti mal, pasar, restoran dan rumah makan. Pihaknya menurunkan 600 anggota TNI mulai dari TNI AU, TNI AD, dan TNI AL.

BACA:  Blusukan di Pasar Terong, Wagub Sulsel Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT