Sulsel Didorong Miliki Rumah Sakit Khusus Perawatan Kanker

Ilustrasi perawatan pasien kanker.
Ilustrasi perawatan pasien kanker.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Sulawesi Selatan dinilai layak memiliki rumah sakit yang dikhususkan untuk perawatan pasien kanker seiring kemajuan pembangunan di berbagai sektor terutama di sektor kesehatan di daerah ini.

Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Felly Estelita Runtuwene mengatakan, pihaknya mengaku sangat mendukung rencana Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang akan membangun rumah sakit khusus kanker. Apalagi telah didukung dengan pembangunan infrastruktur yang memadai.

JANGAN LEWATKAN :

“Kami juga mendengar rencana akan dibangunnya rumah sakit kanker. Nah memang tadi saya juga sudah berpikir ini sangat tepat ada di Sulsel,” katanya saat melakukan kunjungan kerja di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (15/12/2020).

BACA:  Sulsel akan Dijadikan Daerah Penghasil Obat Tradisional

Menurutnya, bahkan rumah sakit khusus kanker ini harus didorong agar menjadi pusat rujukan kanker di Kawasan Timur Indonesia atau KTI.

“Dari Pulau Jawa ke sini agak jauh. Tapi dari wilayah KTI dekat sekali. Jadi layak untuk dibangun rumah sakit kanker,” katanya.

Tak hanya itu, Felly pun melihat adanya potensi Sulsel untuk memiliki rumah sakit khusus perawatan mata terlengkap. Apalagi Sulsel telah mendapat hibah tanah dari Kementerian Kesehatan seluas 2,2 hektar untuk pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan.

“Di komisi kami tidak hanya terfokus pada penanganan Covid-19 saja, tapi banyak penyakit diluar itu juga yang kami harus perhatikan, seperti kanker dan perawatan mata,” terangnya.

BACA:  Bangun Rumah Sakit Kanker, Pemprov Sulsel Anggarkan Rp2,9 Triliun

Dirinya menegaskan, saat ini Sulsel sudah sangat layak mendorong pembangunan fasilitas layanan kesehatan terbaik dalam meningkatkan pemenuhan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal ini juga didukung dengan banyaknya putra-putri asal daerah berjuluk Serambi Madinah ini yang menjabat sebagai anggota di Komisi IX DPR RI, sehingga peluang ini pun harus dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan masyarakat.

“Sudah waktunya memang daerah Kawasan Timur Indonesia, khususnya Sulsel mendapat perhatian pemerintah pusat, karena selama ini memang terfokus di barat. Kini saatnya fokus di timur karena bagaimanapun masyarakat yang ada di timur adalah masyarakay Indonesia juga,” tegas Felly.

Sementara Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengaku sangat mendukung pembangunan layanan kesehatan di wilayahnya. Ini dinilai sebagai upaya dalam menciptakan pemenuhan derajat kesehatan masyarakat.

BACA:  Sulsel akan Dijadikan Daerah Penghasil Obat Tradisional

“Selain pembangunan di sektor ekonomi yang kita dorong, sektor kesehatan juga menjadi perhatian kami,” singkatnya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT