Sulsel akan Dijadikan Daerah Penghasil Obat Tradisional

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Felly Estelita Runtuwene siap mendukung penuh pengembangan obat-obatan tradisional asal Sulawesi Selatan.

“Kami melihat pengembangan obat tradisional dari berbagai daerah di Sulsel ini bisa menjadi potensi ke depan. Bahkan ini bisa membantu pemerintah baik pusat maupun daerah,” katanya saat melakukan kunjungan kerja di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (15/12/2020).

JANGAN LEWATKAN :

Ia mengaku, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada sebagai bahan baku obat tradisional ini, pemerintah daerah dapat mengurangi beban masyarakat serta Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negera (APBN).

BACA:  Sulsel Didorong Miliki Rumah Sakit Khusus Perawatan Kanker

“Dimana pengembangan obat-obatan itu bisa membantu masyarakat yang ada di wilayah ini agar supaya tidak terbebani APBN dan APBD. Ketika mereka tidak bisa dirawat diberikan jamu atau obat herbal saja,” terangnya.

Dukungan tersebut juga dilakukan usai mengunjungi salah satu tempat pembuatan obat tradisional yang ada di Sulawesi Selatan. Sehingga ia menilai sangat layak untuk dikembangkan untuk membantu masyarakat dalam penanganan pasien sakit.

“Setelah melihat pengembangan obat-obatan tradisional, kami menilai Sulsel sangat pantas menjadi daerah pengembangan obat tradisional,” tegasnya.

Dalam kunjungannya, dirinya juga membahas terkait fasilitas layanan kesehatan masyarakat pada BPJS Kesehatan. Begitu pula pada pengelolaan anggaran pada penanganan kesehatan yang diminta agar seluruh anggaran yang dikelola dapat dialokasikan untuk masyarakat secara menyeluruh.

BACA:  Sulsel Didorong Miliki Rumah Sakit Khusus Perawatan Kanker

“Kami ketahui banyak program dari APBN yang turun di Sulsel. Kami berharap program itu betul-betul tepat sasaran dan terus di awasi supaya betul-betul dimaksimalkan karena pada pandemi ini uang ini sangat-sangat berarti. Jadi menjadi tugas kita bersama untuk bagaimana mengawasi uang-uang negara yang diperuntukkan rakyat Indonesia khususnya di Sulsel,” tutupnya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT