Waspadai Demam Berdarah di Tengah Pandemi Covid-19

Nyamuk Demam Berdarah

SULSELSEHAT – Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.  Sebagian diantaranya mewabah secara tiba-tiba dan menjangkit ribuan orang dalam waktu singkat.

 

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini kita juga harus selalu mewaspadai perjangkitan virus DBD. Jangan sampai kita sibuk menjauhkan diri dari virus corona namun kita lupa menjaga diri dari sengatan nyamuk yang menyebabkan demam berdarah.

Orang yang mengalami demam berdarah biasanya memiliki suhu tubuh yang tinggi hingga tubuh menggigil, sakit kepala parah, munculnya bintik-bintik merah pada kulit, sakit tenggorokan, hilang nafsu makan, nyeri pada perut dan mual – mual.

Selain itu, bisa juga secara klinis wajah yang berwarna kemerahan, nyeri hebat pada otot-otot punggung bawah, lengan, hingga kaki, nyeri hebat pada tulang dan sendi, rasa sakit bagian belakang mata, dan mengalami pendarahan yang tidak wajar, seperti gusi berdarah, mimisan, darah pada air seni atau feses CB.

Jika dilihat, gejala yang terjadi pada pasien yang terjangkit virus corona atau Covid-19 bisa saja serupa dengan gejala yang terjadi pada demam berdarah.

Pencegahan

Sebagaimana Covid-19, hingga kini DBD juga belum ditemukan obat patennya. Karena itu cara terbaik untuk mencegah DBD adalah dengan menghindari terkena gigitan nyamuk yang membawa virusnya.

Di tengah situasi pandemi yang seperti sekarang ini, kita bisa melakukan pencegahan awal dengan berusaha menghindari gigitan nyamuk Aedes Aegypti pembawa penyakit DBD, antara lain:

(1) Mensterilkan rumah atau lingkungan di sekitar rumah Anda, misalnya dengan penyemprotan pembasmi nyamuk (fogging).

(2) Membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati.

(3) Menutup, membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah Anda.

(4) Memasang kawat anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah Anda.

(5) Memasang kelambu di ranjang tidur Anda.

(6) Memakai lotion anti nyamuk, terutama yang mengandung N-diethylmetatoluamide (DEET) yang terbukti efektif. Namun jangan gunakan produk ini pada bayi yang masih berusia di bawah dua tahun.

(7) Mengenakan pakaian yang cukup bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk.

Demam berdarah adalah penyakit yang mematikan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar Anda.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT