5 Tips Berolahraga dengan Aman Selama Pandemi Corona

Olahraga di Masa Pandemi Corona
Ilustrasi Olahraga di Masa Pandemi Corona.

SULSELSEHAT – Di musim pandemi seperti sekarang ini, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang sangat penting yang harus dilakukan setiap orang.

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyarankan kita untuk melakukan beberapa upaya serta mengaplikasikan gaya hidup sehat untuk mencegah penularan virus yang semakin meluas di masyarakat, salah satunya dengan rutin berolahraga.

Selain rajin mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan menjaga etika ketika batuk dan bersin yang benar, melakukan olahraga secara teratur juga dapat menjadi salah satu cara efektif meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti yang kita ketahui, daya tahan tubuh sangat berpengaruh terhadap pencegahan penularan virus atau bakteri penyebab penyakit masuk ke tubuh kita.

Dengan daya tahan tubuh yang baik, tubuh kita pun lebih responsif dan tidak mudah tertular virus serta bakteri.

Namun karena kebijakan pembatasan sosial masih diberlakukan selama masa pandemi, maka sebaiknya lakukan olahraga rutin dengan tetap memperhatikan cara-cara yang aman agar tetap terhindar dari bahaya penularan Covid-19.

Berikut adalah beberapa tips untuk berolahraga secara aman selama pandemi Corona.

Pilih Jenis Olahraga yang Tepat

Pada prinsipnya, olahraga terbagi menjadi dua jenis, yaitu neural exercise (olahraga persarafan) dan physical excercise (olahraga fisik).

Keduanya sama-sama bermanfaat untuk menjaga kesehatan, namun khusus untuk olahraga fisik, efek yang dirasakan adalah fisik yang bugar. Kabar baiknya adalah, kedua olahraga tersebut dapat dilakukan di rumah.

Olahraga persarafan misalnya, dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni pernafasan, vokalisasi dan postur. Contoh olahraga pernafasan adalah sena pernafasan dan yoga.

Vokalisasi dapat dilakukan dengan cara bersenandung, membaca Al Qur’an dan lainnya. Sedangkan postur dapat dilakukandengan cara senam taichi maupun gerakan saat beribadah.

Salah satu manfaat yang didapat dari olahraga persarafan secara rutin adalah tubuh yang sehat dan rendahnya risiko stress.

Sementara itu, untuk olahraga fisik adalah olahraga yang melibatkan otot besar, bersifat ritmis, dan berkelanjutan. Olahraga fisik dapat membuat tubuh menjadi bugar dan membentuk otot.

Namun, hindari melakukan olahraga fisik secara berlebihan dengan intensitas tingg karena hal tersebut dapat mengganggu kesehatan.

Selama masa pandemi, Anda dapat melakukan olahraga persarafan atau fisik di rumah dengan memilih jenis olahraga yang tepat seperti yang dijelaskan di atas.
Jika Anda ingin melakukan olahraga fisik di luar ruangan, Anda dapat bersepeda maupun jogging.

Perhatikan Beban Fisik dan Durasi Berolahraga

Saat berolahraga, sangat penting untuk tidak melakukannya secara berlebihan karena justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Olahraga sebaiknya dilakukan sekitar 30 menit per hari. Untuk beberapa orang, mungkin olahraga dilakukan dengan lebih intensif, misalnya karena ingin membentuk otot, dan lain sebagainya.

Namun pastikan untuk tidak memaksakan beban tubuh Anda untuk berolahraga dengan intensitas dan durasi yang berlebihan.

Tetap Menjaga Jarak

Selama masa pandemi corona, kita dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, terlebih di tempat-tempat publik yang terdapat banyak orang.

Namun demikian, jika Anda merasa lebih nyaman dan eektif untuk berolahraga di luar rumah, maka sebaiknya pastikan beberapa hal berikut terlebih dahulu:

  1. Kondisi tubuh Anda sedang sehat
  2. Lokasi atau tempat olahraga cukup sepi dan tidak banyak orang
  3. Gunakan masker saat Anda berada di tengah keramaian
  4. Pastikan jika tempat olahraga aman dan bersih, misalnya gym dengan pengelolaan kebersihan yang baik

Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi dengan Baik

Menjaga daya tahan tubuh dengan baik untuk mencegah penularan virus Corona dapat dilakukan dengan cara rajin berolahraga.

Namun pastikan bahwa selama berolahraga, tubuh tetap terhidrasi dengan baik karena kegiatan olahraga tentu dapat membakar kalori dan mengurangi cairan tubuh, terutama olahraga fisik.

Sebaiknya minum air putih 30 menit sebelum memulai olahraga dan begitu pula setelahnya.

Jangan Lupakan Pemanasan dan Pendinginan

Hal terakhir yang sangat penting untuk diperhatikan adalah melakukan pemanasan dan pendinginan.

Sebelum berolahraga, lakukan pemanasan terlebih dahulu, yaitu meregangkan otot-otot tubuh  dengan gerakan-gerakan ringan.

Cara ini sangat penting untuk membuat tubuh siap untuk melakukan gerakan-gerakan fisik dan menghindari kram.

Begitu pula dengan meregangkan otot setelah olahraga (pendinginan). Hal ini dilakukan untuk membuat tubuh kembali rileks setelah berolahraga dan menenangkan otot agar tidak terjadi kram.

***

Itulah beberapa tips dan cara berolahraga dengan aman dan efektif selama masa pandemi corona. Semoga bermanfaat.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT