Catat! Ini Tempat Layanan Pemeriksaan Tes Viral Load HIV di Kota Makassar

Gambar Gravatar
Tes Viral Load HIV Makassar
Ilustrasi Tes Viral Load HIV Makassar.

Makassar, SULSELSEHAT – Salah satu penyakit infeksi menular seksual yang masih banyak terjadi di beberapa negara di dunia adalah HIV-AIDS, atau Human Immunodeficiency Virus Acquired Immunodeficiency Syndrome.

HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, khususnya sel CD4 (sel T).

JANGAN LEWATKAN :

Jika tidak diobati, HIV dapat menyebabkan AIDS, yaitu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menjadi sangat lemah dan tidak mampu melawan infeksi dan penyakit.

BACA:  Peringatan Hari AIDS Sedunia, Masyarakat Diminta Tak Beri Stigma Pada ODHA

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mencatat bahwa HIV masih menjadi masalah kesehatan masyarakat global yang utama dengan penularan yang terus berlanjut di semua negara secara global.

Bahkan pada tahun 2022, 630.000 orang meninggal karena penyebab terkait HIV dan 1,3 juta orang tertular HIV.

Berdasarkan  data  dan  informasi  Kementerian  Kesehatan  RI, estimasi  jumlah  orang  dengan  HIV (ODHIV) di Indonesia periode Januari – Maret 2022 mencapai 10.525 orang dari 941.973 orang yang dites HIV.

Sulawesi Selatan menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kasus HIV-AIDS yang tinggi. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan melaporkan bahwa di tahun 2022 diperkirakan pengidap HIV mencapai kurang lebih 26.000 kasus. Kota Makassar adalah yang tercatat sebagai kasus terbanyak yakni 15.000 kasus.

BACA:  Cegah HIV/AIDS pada Anak, Pemerintah Canangkan Program Aku Bangga Aku Tahu

Penanganan kasus HIV-AIDS yang telah dijalankan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait salah satunya adalah program Tes Viral Load (VL) HIV yang tersedia di puskesmas secara gratis. Pemeriksaan tes VL ini ditujukan untuk individu yang mengidap HIV.

Tes VL HIV ini merupakan tes yang digunakan untuk mengukur jumlah virus HIV di dalam darah, sedangkan jumlah virus HIV di dalam darah disebut viral load, yang dinyatakan dalam satuan kopi per mililiter (mL) darah.

Viral load merupakan tolak ukur seberapa jauh dan cepat penyakit berkembang dalam tubuh yang diketahui lewat jumlah virus di dalam sampel darah.

Melihat kasus HIV yang memprihatinkan, tentu informasi terkait dengan layanan-layanan HIV yang ada di Kota Makassar harus disebarluaskan kepada masyarakat.

BACA:  Stigma dan Diskriminasi Perlambat Upaya Eliminasi HIV/AIDS, TB dan Malaria

Layanan Pemeriksaan Tes Viral Load HIV di Kota Makassar

Agar mereka yang mengidap HIV atau jika ada keluarga maupun orang terdekat bisa mengunjungi layanan pemeriksaan Tes VL HIV yang tersebar di beberapa Puskesmas di Kota Makassar, sebagai berikut:

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT