Ini Hasil Tes Swab Ibu di Makassar yang Bayinya Meninggal dalam Kandungan

Ilustrasi Tes Covid-19
Ilustrasi Tes Covid-19. (Foto: pikiran-rakyat.com)

Makassar, SULSELSEHAT – Hasil tes swab Ervina Yana (30), sebelumnya ditulis media ini bernama Hervina Yana, ibu yang bayinya meninggal dalam kandungan lantaran lama baru masuk ke rumah sakit, ternyata positif.

Hal ini dibenarkan oleh pemilik sekaligus dokter spesialis kandungan dan kebidanan (Obgyn) RSIA Ananda Makassar, dr Fadli Ananda.

JANGAN LEWATKAN :

“Iya, benar (positif),” ujarnya, Rabu (17/06/2020).

Sebelumnya diberitakan, ibu Ervina Yana telah mengunjungi 2 rumah sakit sebelum akhirnya ke RSIA Ananda. Tanggal 10 Juni 2020 lalu, dia masuk ke RS Stella Maris atas rujukan dari dokter praktek.

Dalam klarifikasi tertulis RS Stella Maris terkait hal ini, disebutkan bahwa setelah hasil rapid test ibu ini diketahui reaktif, maka tindakan operasi tidak dapat dilakukan kecuali ada hasil swab.

Sementara, pemeriksaaan swab PCR butuh waktu 3-4 hari, padahal operasi untuk ibu Ervina Yana direncanakan esok harinya (11 juni 2020). Hal ini disampaikan juga kepada dokter perujuk dan menyarankan agar ibu Ervina Yana dirujuk ke RS Unhas.

RS Stella Maris mengatakan, karenakan tidak ditemukan ada indikasi kedaruratan kehamilan, dan juga karena RS. Stella Maris bukanlah Rumah Sakit Rujukan Penyangga Covid-19, maka pasien ini hendak dirujuk ke RS Unhas.

Pasien kemudian diinformasikan mengenai alur rujukan ke RS Unhas melalui SISRUTE (Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi).

Masalahnya, menurut pihak RS Stella Maris dalam klarifikasi tertulis itu, pasien ingin langsung ke RS Unhas pada saat itu juga sehingga petugas IGD tidak sempat melakukan SISRUTE.

Malam itu juga pasien menuju ke RS Unhas. Hal ini dibenarkan oleh Humas RS Unhas dr. A. Alfian Zainuddin kepada SulselSehat.com, Rabu (17/06/2020).

“Tanggal 10 malam (10/06) ke UGD, didaftarkan untuk poli Covid tgl 11 untuk diswab, tapi pasien tidak datang,” jelasnya.

BACA JUGA: Begini Kronologis Ibu Hamil di Makassar yang Bayinya Meninggal dalam Kandungan

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT