Viral di Medsos, Acara Perpisahan SMKN 4 Makassar Tanpa Masker dan Tidak Jaga Jarak

Perpisahan SMKN 4 Makassar
Acara Perpisahan SMKN 4 Makassar yang diduga melanggar protokol kesehatan.

Makassar, SULSELSEHAT — Di tengah pandemi Covid-19, siswa-siswi dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kota Makassar melaksanakan kegiatan perpisahan di Hotel Gammara Jalan Metro Tanjung Bunga.

Acara perpisahan tersebut menjadi viral di media sosial lantaran para peserta reuni tak ada satupun terlihat yang memakai masker, juga tak ada jarak antara peserta reuni dengan yang lainnya.

JANGAN LEWATKAN :

Padahal jika merujuk pada Peraturan Walikota Makassar nomor 31 tahun 2020, kegiatan yang mengumpulkan massa tanpa protokol kesehatan telah dilarang oleh Pemerintah Kota Makassar.

BACA:  Tak Penuhi Syarat, Gubernur NA Batal Divaksin Covid-19

Humas Hotel Gammara Makassar, Eva membenarkan jika kegiatan perpisahan siswa SMK Negeri 4 Makassar dilaksanakan dihotelnya pada tanggal 29 Juni 2020. Ia menyebut acara tersebut telah menerapkan protokol kesehatan.

“Memang benar di laksanakan di Gammara Hotel. Melalui EO terkait, telah terjalin perjanjian bahwasanya event akan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku,” ujarnya saat dikonfirmasi SulselSehat.com, Rabu (01/07/2020).

Menurutnya, acara dempet-dempetan para siswa tanpa ada jarak yang viral di sosial media itu dilakukan secara spontan dan terjadi setelah acara.

“Untuk video yang beredar, hal itu terjadi sesudah event berlangsung tanpa konfirmasi ke pihak hotel dan EO. Kejadian itu merupakan refleksi dari peserta secara spontan atas kegembiraan yang mereka rasakan. Mereka juga mengambil kesempatan tersebut diluar kendali EO sebagai penyelenggara,” tambahnya.

BACA:  Cegah Covid-19, Wagub Sulsel Lepas Tim Blusukan Bagikan Masker Gratis ke Warga

Ia menjelaskan bahwa acara perpisahan tersebut diluar kontrol pihak hotel dikarenakan jam pemakaian ballroom telah berakhir.

“Memang saat itu lepas dari kontrol pihak hotel dikarenakan jam pemakaian ballroom yang sudah berakhir. Tetapi setelah diketahui oleh pihak hotel, pihak hotel segera memberikan teguran dan kejadian tersebut juga langsung berakhir,” pungkasnya.

Sementara itu, PLT Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Basri saat dikonfirmasi menegaskan tidak boleh ada kegiatan perpisahan seperti yang dilakukan SMKN 4 Makassar di tengah pandemi Covid-19.

“Tidak boleh, ada kegiatan seperti ini,” singkatnya saat dikonfirmasi via whatsapp.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT