Jumat Ini, Keluar – Masuk Makassar Sudah Harus Miliki Surat Bebas Covid-19

Pj Walikota Makassar Rudy Djamaluddin
Penjabat Walikota Makassar Rudy Djamaluddin saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Pencanangan Gerakan Bersama Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar, di Tribun Lapangan Karebosi, Senin (6/7). (Foto: Chaerani)

Makassar, SULSELSEHAT — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar resmi memberlakukan surat bebas Covid-19 bagi masyarakat yang akan keluar dan masuk di wilayah Kota Makassar.

 

Kebijakan ini sebagai bentuk penanganan serius dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. Apalagi dengan melihat tren peningkatan jumlah kasus positif setiap harinya di daerah berjuluk Kota Daeng ini semakin besar.

Penjabat Walikota Makassar Rudy Djamaluddin mengatakan, pemberlakuan surat keterangan bebas Covid-19 secara resmi mulai dilakukan pada Jumat, 10 Juli 2020 mendatang.

Hanya saja sebelum diberlakukannya aturan tersebut secara resmi, pihaknya akan mengeluarkan peraturan walikota (Perwali) terkait hal tersebut.

“Terlebih dahulu kita keluarkan perwaliannya kemudian kita sosialisasi. Kemungkinan Kamis kita sosialisasikan perwalinya, Jumat mulai kita terapkan,” katanya di sela-sela Pencanangan Gerakan Bersama Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar, di Tribun Lapangan Karebosi, Senin (6/7).

Sebelum kebijakan ini diberlakukan dengan resmi, Pemkot Makassar akan mematangkan persiapan yang ada di lapangan, termasuk dalam hal teknis.

“Sambil melakukan persiapan untuk kegiatan teknis saat di lapangan. Sehingga saat aturan ini diberlakukan tidak ada lagi kendala-kendala,” ujarnya.

Ia menegaskan, aturan ini pun akan semaksimal mungkin tidak membebankan masyarakat sesuai yang diperintahkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Hanya saja untuk teknisi dan mekanismenya masih akan dibahas.

“Satu hal pesan bapak gubernur bahwa kita jangan menyusahkan masyarakat. Kita pastikan ini tidak akan membenani masyarakat,” tegas Rudy.

Dirinya berharap, dengan upaya yang dilakukan Pemkot Makassar ini laju penyebaran Covid-19 bisa menurun.

“Kita targetkan dengan upaya maksimal yang sudah kita lakukan ini kasus positif bisa turun di akhir Juli mendatang,” harapnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT