Jalankan Program Bina Desa, FKM Unhas Sasar Desa Kalimporo Jeneponto

Gambar Gravatar
Program Bina Desa Sehat FKM Unhas di Desa Kalimporo Kabupaten Jeneponto, Selasa (24/10/2023)
Program Bina Desa Sehat FKM Unhas di Desa Kalimporo Kabupaten Jeneponto, Selasa (24/10/2023)

Jeneponto, SULSELSEHAT – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kegiatan Bina Desa Batch 2 dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka memperingati Dies Natalis FKM Unhas ke-41.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (24/10/2023) di Kantor Desa Kalimporo, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto yang diikuti oleh siswa dan masyarakat desa.

JANGAN LEWATKAN :

Adapun tim Bina Desa Batch 2 ini terdiri dari lima orang dosen yaitu Mahfuddin Yusbud S.KM., M.KM., Laksmi Trisasmita S.Gz., M.K.M., Rosa Devitha Ayu S.KM., M.P.H., Dr.dr. Anna Khuzaimah, M.Kes dan Basir SKM., M.Sc serta lima belas orang mahasiswa FKM Unhas.

Turut hadir Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKM Unhas Dr. Wahiduddin, S.KM., M.Kes selaku Pengarah dari kegiatan Bina Desa Sehat ini.

BACA:  6 Mahasiswa FKM Unhas Mengikuti Kegiatan Pertukaran antara Universitas Hasanuddin dan Universitas Okayama

Kegiatan Bina Desa Batch 2 ini berupa edukasi gizi seimbang di UPT SDN 12 Bangkala dan sosialisasi jamu tradisional berupa cara pembuatan dan edukasi manfaat jamu untuk kesehatan di Kantor Desa Kalimporo.

Edukasi mengenai gizi seimbang ini penting untuk anak dalam masa pertumbuhan dan sosialisasi ini diharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk berbagai masalah kesehatan.

Tim Bina Desa FKM Unhas diterima di Kantor Desa Kalimporo oleh Bapak Hasbibi Arsyad selaku Kepala Desa dan dihadiri langsung oleh Dekan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi, S.KM., M.Kes., M.ScPh., Ph.D beserta jajaran lainnya.

Program Bina Desa Sehat FKM Unhas di Desa Kalimporo Kabupaten Jeneponto, Selasa (24/10/2023)
Program Bina Desa Sehat FKM Unhas di Desa Kalimporo Kabupaten Jeneponto, Selasa (24/10/2023)

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kalimporo mengatakan bahwa Prof Sukri bukanlah orang asing baginya karena merupakan senior di sekolah dulu.

BACA:  Sambut 80 Maba, Prodi S3 FKM Unhas Gelar Pengenalan Kehidupan Kampus

“Dekan FKM Unhas sudah bukan orang asing lagi bagi saya karena beliau sendiri adalah senior saya di sekolah. Saya senang dan berterima kasih karena telah memilih Desa Kalimporo ini sebagai lokasi untuk melakukan kegiatan Bina Desa. Saya harap setelah kegiatan edukasi dan sosialisasi yang dilakukan, desa ini bisa lebih baik dan lebih maju dari sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu Dekan FKM Unhas yang juga putra daerah setempat dalam sambutannya merasa bersyukur dan bisa mengajak FKM Unhas untuk memberikan kontribusinya secara khusus dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi salah satunya melalui pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu beliau berharap nantinya putra-putri dari Desa Kalimporo  banyak yang bisa melanjutkan pendidikannya di Univeritas Hasanuddin.

BACA:  Gandeng PD IBI dan AIPKIND, FKM Unhas Bakal Buka Prodi Kebidanan dan Profesi

Kegiatan Bina Desa ini diharapkan dapat memaksimalkan poin ke-2 dan 3 dari tujuan SDGs yaitu mengakhiri kelaparan dengan cara memanfaatkan berbagai pangan fungsional yang ada disekitar masyarakat desa.

Selain itu juga dimaksudkan agar dapat meningkatkan kehidupan sehat dan sejahtera baik pada anak-anak dan masyarakat umum di Desa Kalimporo Kecematan Bangkala Kabupaten Jeneponto.

Untuk diketahui, kelimabelas mahasiswa FKM Unhas yang berpartisipasi dalam program ini antara lain Aulia Salsabilah Nasmin, Rezky Aulia Zhafirah, Dania Rifqah Maharani F., Karen Tirtalani, dan Ummi Hafsah Nur Annisa Tampubolon.

Selain itu juga ada Fakhrul Rozi, Siti Nur Nabila, Anya Deswita Syam, Putri Fatimah Azzahra, Andi Alya Fakhirah Ihsan, Erlikasna Sinaga, Suci Amalia Jusman, Ramadhani Anwari Putri, Sitti Muthmainna, serta M. Rahmat Zikrullah.**

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT