Mahasiswa Magang PKIP FKM Unhas Ikut dalam Kegiatan Bina Keluarga Remaja

Gambar Gravatar
Bina Keluarga Remaja Bangkala Makassar

Makassar, SULSELSEHAT – Mahasiswa magang dari departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas ikut serta dalam kegiatan Bina Keluarga Remaja atau BKR berupa penyuluhan terkait kesehatan reproduksi yang dilakukan bersama UPT Balai KB Kecamatan Manggala, pada hari Rabu (18/10/2023) di Kelurahan Bangkala Kota Makassar.

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan remaja dan orang tua yang ikut serta dalam penyuluhan tersebut terkait pentingnya menjaga organ reprosuksi khususnya bagi wanita.

JANGAN LEWATKAN :

BACA:  Beban Baru Rumah Sakit Akibat Pandemi Covid-19

Jumlah peserta dalam penyuluhan ini sebanyak 25 orang yang terdiri dari remaja beserta ibu yang memiliki remaja di keluarganya.

Kegiatan penyuluhan ini diawali dengan sambutan oleh salah satu penyuluh dari UPT Balai KB Kecamatan Manggala.

“Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kehadiran ibu-ibu dan adik-adik di kegiatan ini, semoga materi yang akan diberikan dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita kedepannya” ucap Ibu

Mahasiswa magang dari Universitas Hasanuddin yang turut hadir dalam kegiatan ini adalah Nurul Amaliah.

Materi terkait kesehatan reproduksi dibawakan oleh salah satu penyuluh dari UPT Balai KB Kecamatan Manggala yaitu yaitu Hasnawati, S.KM., M.Kes.

Adapun materi yang dijelaskan tekait pubertas, kebersihan organ reproduksi, perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada remaja, serta terkait menstruasi.

BACA:  Kolaborasi dengan Pemprov Sulsel Atasi Covid-19, FKM Unhas: Kami Punya Kapasitas dan Kompetensi

“Organ reproduksi wanita perlu dijaga apalagi pada saat menstruasi sebagaimana yang dianjurkan untuk mengganti pembalut 4 jam sekali hal ini untuk menjaga kebersihan dan mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, remaja yang sudah mengalami menstruasi artinya sudah menghasilkan sel telut (ovum) yang apabila melakukan hubungan seksual dapat mengakibtkan kehamilan sehingga bagi adik-adik remaja jagalah pergaulan,” jelas pemateri.

“Betul kata pepatah, kalau wanita itu bagai telur diujung tanduk, sekali jatuh langsung pecah” lanjutnya.

Setelah sesi materi, kemudian dilanjutkan dengan bermain games kartu “benar-salah” dan juga menjadi penutup dalam rangkain kegiatan BKR kali ini. Antusiasme dari peserta sangat baik dan aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. [rls]

BACA:  Jalankan Program Bina Desa, FKM Unhas Sasar Desa Kalimporo Jeneponto

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT