Begini Materi Bimbingan Catin yang Diikuti Oleh Mahasiswa Magang PKIP FKM Unhas di KUA Manggala

Gambar Gravatar
Bimbingan Catin Manggala

Makassar, SULSELSEHAT – Calon pengantin atau catin menjadi salah satu sasaran terkait pencegahan Stunting. Untuk itu, diadakannya bimbingan kepada setiap calon pengantin di KUA Kecamatan Manggala agar mereka dapat mempersiapkan generasi unggul di masa depan.

Pasangan catin merupakan pasangan usia subur atau PUS dimana salah satu harapan ketika telah menikah yaitu memiliki keturunan.

JANGAN LEWATKAN :

Oleh karena itu, pemberian bimbingan kepada catin ini diharapkan menjadi bekal dan dapat menambah pemahaman dalam mempersiapkan kehamilan dengan baik sehingga mendapatkan keturunan yang sehat dan terhindar dari masalah kesehatan seperti stunting.

BACA:  Akademisi FKM Unhas: UGD Rumah Sakit Tak Boleh Ditutup Karena Alasan Renovasi

Bimbingan catin dilaksankan secara rutin di Kantor KUA Kecamatan Manggala. Salah satunya adalah yang dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Oktober 2023, diikuti sebanyak 5 pasang calon pengantin.

Materi diberikan oleh penyuluh dari UPT Balai KB Kecamatan Manggala yaitu Ibu Hasnawati, S.KM., M.Kes.

Beberapa informasi dan pesan yang disampaikan antara lain memastikan usia ideal menikah sebagaimana sesuai anjuran Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), usia ideal menikah perempuan minimal 21 tahun, dan 25 tahun untuk laki-laki.

Selain itu, diingatkan pula untuk melakukan pemeriksaan status gizi dan melakukan tes kesehatan sebelum menikah. Hal tersebut penting dilakukan sesab status gizi akan memengaruhi pertumbuhan janin ketika memasuki masa kehamilan nanti.

BACA:  Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Unhas Rain Akreditasi A

“Memperhatikan status gizi penting bagi calon ibu ketika memasuki masa kehamilan, salah satunya yaitu ukuran lingkar lengan atas yang normal yaitu 23,5 cm. Sebelum menikah juga perlu melakukan tes kesehatan dan mendapatkan suntik TT,” tutur pemateri.

Adapun mahasiswa magang yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah Nurul Amaliah dan Nursafitri Azzahra yang merupakan mahasiswa departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.[rls]

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT