4 Daerah Jadi Lokasi Perluasan Program Wisata Covid-19 di Sulsel

Makassar, SULSELSEHAT. COM — Empat daerah dipilih Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menjadi lokasi perluasan program Wisata Covid-19.

 

Di antaranya adalah Kota Palopo, Parepare, Kabupaten Wajo, dan Bantaeng.

JANGAN LEWATKAN :

Koordinator Program Wisata Covid-19 Sulsel dr Husni Thamrin mengatakan, selama ini, program Wisata Covid-19 hanya dipusatkan di Makassar.

Sehingga, untuk menjangkau pasien-pasien yang terpapar virus corona atau Covid-19 di daerah, program tersebut akan diperluas ke kabupaten/kota di Sulsel.

“Untuk konsep penerapan program tetap dilakukan seperti yang ada sebelumnya yaitu menjadi program isolasi bagi pasien terpapar dalam kategori orang tanpa gejala (OTG),” katanya dikonfirmasi, Kamis (29/10/2020).

BACA:  Ini Kebijakan Kemenkes Untuk Tekan Angka Kematian Nakes Akibat Covid-19

Ia memaparkan program ini akan diterapkan dengan sistem regionalisasi. Di mana program pelaksanaannya akan lebih mendekatkan pada pelayanan kepada masyarakat di sejumlah daerah di Sulsel.

“Selama ini, pasien Covid-19 di daerah itu dirujuk ke Makassar untuk dilakukan isolasi. Kadang itu yang jadi kendala, karena pasien di daerah terlalu jauh dibawa ke Makassar, makanya dengan program ini kita harapkan semakin memudahkan penangananya bagi pasien,” jelasnya.

Sejak diterapkannya program Wisata Covid-19 yang dimulai sejak Mei 2020 lalu dinilai mampu menekan angka penularan Covid-19 di Sulsel. Termasuk dalam meningkatkan angka kesembuhan pasien, hingga menekan angka kematian.

Menurut dr Husni, tingkat kesembuhan melalui program ini mencapai 94 persen.

BACA:  Kader PKK di Sulsel Diminta Ajak Masyarakat Berani Vaksin Covid-19

Program yang digagas oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah itu diharap bisa terus berjalan guna menekan penularan Covid-19 dan meminimalisir terjadinya klaster rumah tangga.

“Alhamdulillah kepala daerah terkait menyambut dan siap mendukung program itu. Mereka sudah siap, dalam waktu dekat akan segera kami realisasikan,” kata dr Husni yang juga Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel.

Secara rinci, Husni menjelaskan selain untuk mendorong angka kesembuhan, para pasien yang sudah mengikuti program Wisata Covid-19 dituntut untuk menjadi duta atau fasilitator dalam menyosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Adapun Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel menetapkan enam hotel di Makassar yang menjadi lokasi isolasi pasien Covid-19. Antara lain, Swiss-belhotel, Harper Makassar, Grand Palace, Hotel Remcy, Grand Imawan, dan Almadera Hotel.

BACA:  Kabar Baik, 10 Warga Sinjai Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT