Peringati Hari Jadi Sulsel ke-355, RSUD Haji Makassar Gelar Operasi Katarak Gratis

Ilustrasi Operasi Katarak

Makassar, SULSELSEHAT – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Sulawesi Selatan yang ke-355, RSUD Haji Makassar akan menyelenggarakan operasi katarak gratis sebagai bagian dari kegiatan bakti sosial.

Acara ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 19 Oktober 2024, di Unit Pelaksana Teknis (UPT) RSUD Haji Makassar.

JANGAN LEWATKAN :

Direktur RSUD Haji Makassar, dr. Evi Mustikawati Arifin, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan atas kerja sama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Sulawesi Selatan.

“Kami menargetkan 50 peserta, yang mayoritas adalah masyarakat kurang mampu, terutama mereka yang tidak memiliki akses ke layanan kesehatan berkualitas atau tidak mampu membayar operasi katarak secara mandiri,” ujarnya, Minggu malam (13/10).

BACA:  Hebat! Inovasi RSUD Haji SATSET'MA Raih Predikat Terbaik Kemenpan-RB

Operasi Katarak Gratis oleh RSUD Haji Makassar

Selain menyasar masyarakat yang kurang mampu, operasi katarak ini juga akan fokus pada kalangan lanjut usia (lansia), yang diakui Evi sebagai kelompok yang paling rentan terhadap penyakit katarak. Lansia menjadi salah satu prioritas dalam program ini.

Evi menambahkan bahwa peserta dari wilayah terpencil atau daerah yang jauh dari fasilitas medis juga menjadi sasaran utama.

“Masyarakat di wilayah terpencil sering kali memiliki akses yang terbatas terhadap layanan kesehatan, sehingga mereka juga menjadi prioritas dalam operasi katarak gratis ini,” jelasnya.

Kelompok pekerja informal, yang umumnya tidak memiliki asuransi atau tunjangan kesehatan, juga akan diprioritaskan.

“Selain itu, kami juga menargetkan pasien yang sudah mengalami penurunan penglihatan akibat katarak atau mereka yang belum mendapatkan penanganan medis,” tambah Evi.

BACA:  Hebat! Pemprov Sulsel Terima Penghargaan Inovasi SAT SET'MA dalam Penanganan Stunting

Untuk mengikuti operasi katarak gratis ini, peserta hanya perlu membawa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Bagi yang memenuhi kriteria dan berminat untuk mendaftar, dapat menghubungi drg Burhanuddin di nomor WhatsApp 0852-4271-9459 atau Asriani Asdar di nomor 0813-5584-0177. (*)

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT