Puskesmas Samata Bersama Tagana Gowa Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir

Tim Medis Puskesmas Samata Gowa
Tim Medis Puskesmas Samata saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada salah satu warga terdampak banjir di Kampung Rappocidu, Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu. (Foto: Dok. Puskesmas Samata).

Gowa, SULSELSEHAT.COM — Tim Puskesmas Samata bersama Tim Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Gowa turun langsung ke lokasi banjir, khususnya di wilayah terisolir yang ada di Kampung Rappocidu, Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu untuk menyalurkan sejumlah kebutuhan pokok.

Kepala Puskesmas Samata dr. Arni Sultan mengatakan, pihaknya bersama Tim Terpadu Puskesmas Samata, Tagana Dinsos Gowa dan pihak lainnya melakukan kunjungan di salah satu daerah banjir di Kecamatan Somba Opu.

“Karena lokasi banjir ini adalah daerah terisolir maka kita hanya bisa ke sana dengan menggunakan perahu karet bersama rombongan,” katanya, Selasa (22/12/2020).

Di lokasi tersebut pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan dasar kepada seluruh masyarakat. Selain itu juga menyalurkan obat-obatan, multivitamin dan makanan siap saji.

“Karena mereka tidak mau meninggal rumahnya, jadi yang kita yang langsung bawakan ke sana baik obat-obatan maupun kebutuhan pangannya. Tim medis juga tekah melakukan pemeriksaan karena ada beberapa warga yang jatuh sakit,” ujarnya.

Sementara, Kepala Seksi Jaminan Sosial Dinsos Kabupaten Gowa Sofyan mengatakan, bantuan ini disalurkan kepada 40 Kepala Keluarga (KK) yang merupakan korban banjir.

Ia mengaku, bantuan ini disalurkan lantaran warga setempat menolak untuk dievakuasi dan memilih bertahan di rumah masing-masing.

“Info dari Kepala Lingkungan Borong Raukang, Bapak Mansyur Daeng Sibali, warga yang ada di sana tidak mau dievakuasi. Makanya kita hanya kirimkan mereka makanan dan obat-obatan,” kata Sofyan.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengirimkan bantuan berupa air mineral, gas elpiji, telur, susu bayi, biskuit dan lainnya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT