Balai POM Makassar Dorong Konsumsi Pangan Masyarakat Selama Covid-19 Sehat dan Higenis

Gambar Gravatar
Ilustrasi makanan sehat dan higenis.
Ilustrasi makanan sehat dan higenis.

Makassar, SULSELSEHAT — Sebagai bentuk pencegahan penggunaan pangan yang tidak sehat dan higenis selama masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Balai Pemeriksaan Obat dan Makanan (Balai POM) Makassar mengajak jajaran PD Pasar Makassar untuk melakukan pengawasan keamanan pangan.

JANGAN LEWATKAN :

Kepala Balai POM Muh. Guntur mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 masyarakat harus mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Termasuk saat membeli di pasar-pasar tradisional, dimana kebersihannya kurang terjamin.

“Kita akan maksimalkan pengawasan dengan melibatkan pihak PD pasar untuk peningkatan pengawasan bahan berbahaya pada makanan dan minuman,” katanya kepada Sulselsehat.com, Sabtu (29/8/2020).

BACA:  Kabar Baik, 15 Pasien Covid-19 Bantaeng Dinyatakan Sembuh

Dalam melakukan pengawasan, pihaknya terlebih dahulu menberikan bimbingan teknis kepada pengelola pasar.

Menurut Guntur, hal ini penting didorong dalam rangka meningkatkan pengawasan bahan berbahaya dalam makanan guna melindungi masyarakat dari produk makanan yang tidak memenuhi syarat keamanan, mutu dan manfaatnya. Termasuk kebersihan dan kesehatan makanan.

“Kita mengajak Direksi PD Pasar ini untuk bersama-sama dalam melakukan monitoring secara berkala,” katanya lagi.

Tak hanya itu, dalam mendorong pengawasan tersebut pihaknya juga menyerahkan alat test cepat terutama mengecek pewarna dan pengawet yangg digunakan dalam makanan dan minuman.

Sementara, Direktur Utama PD Pasar Basdir mengatakan, upaya ini diperlukan untuk pencegahan pangan dari kemungkinan yang tidak diinginkan.

BACA:  Kasus Covid-19 di Gowa Melonjak, Jam Kerja ASN Usia Rentan Dikurangi

“Terutama di sini terkait cemaran biologis, bahan kimia maupun benda lainnya yang bisa membahayakan atau merugikan kesehatan. Misalnya adanya kandungan bahan pengawet, pestisida, zat pewarna dan lain sebagainya.” ujar Basdir.

Olehnya dalam hal ini juga dibutuhkan memang peran semua pihak tekait, khususnya pengelola pasar dalam melakukan edukasi kepada pedagang untuk memastikan kualitas bahan pangan di pasar sebelum dikonsumsi oleh warga.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT