Tambah 2 Kasus Baru, Positif Covid-19 di Tana Toraja Sudah Capai 10 Kasus

Pandemi COVID-19

Tana Toraja, SULSELSEHAT – Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan tambahan dua kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Tana Toraja, Selasa 30 Juni 2020.

 

Dua pasien tambahan terkonfirmasi positif Covid-19 ini diumumkan langsung oleh Mariany Sampe selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja.

JANGAN LEWATKAN :

Beliau didampingi oleh Tim Dokter Satgas Covid-19 Tana Toraja dr. Mardaria Patioran dan Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja, Daniel Galenta.

Tambahan dua kasus baru tersebut (kasus 09 dan 10) terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM).

BACA:  Riuh Kasus Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19 di RS, Psikolog: Masyarakat Cemas dan Mudah Panik

Kasus 09 adalah pasien laki-laki yang beralamat di Kelurahan Bombongan Makale, berumur 43 tahun, dengan riwayat perjalanan tiba dari Kendari 20 Maret 2020 dengan tujuan acara keluarga.

Pasien terdeteksi saat hendak melakukan rapid test mandiri di RSUD Lakipadada untuk kepentingan kembali ke Kendari, hasil rapid test dinyatakan reaktif lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab dengan metode TCM dan dinyatakan positif Covid-19.

Sedangkan pada Kasus 10, pasien laki-laki beralamat di Kompleks Nusa Hijau, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat, berumur 58 tahun, dengan riwayat perjalanan berangkat dari Bandung dan tiba di Tana Toraja tanggal 19 Juni untuk tujuan bekerja sebagai karyawan perusahaan di Makale Selatan.

BACA:  Pasca Banjir Lutra Berpotensi Tingkatkan Angka Positif Covid-19

Tanggal 26 Juni 2020 memeriksakan kesehatan ke klinik dan memiliki gejala terpapar Covid-19 seperti batuk, demam, lemas, sakit seluruh badan dan gangguan indera penciuman. Pasien lalu dirujuk ke RSUD Lakipadada untuk pemeriksaan TCM dan dinyatakan positif Covid-19.

“Rencana kedua pasien akan dirujuk ke Makassar untuk mengikuti Program Rekreasi Duta Covid-19 Satgas Provinsi Sulawesi Selatan,” ungkap Mariany Sampe.

Dengan tambahan 2 kasus baru ini, tercatat sudah 10 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Tana Toraja, dimana 6 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh. Satu pasien dirujuk ke Makassar dan satu orang meninggal dunia.

Putus Rantai Penularan

Untuk saat ini pihak Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di lingkungan masyarakat.

BACA:  Orang Batuk Pilek Dihimbau Untuk Tidak Pergi ke Pasar

Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan tracing terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans.

Tindakan ini juga merupakan upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona dari pasien positif di lingkungan masyarakat.

Pihak dari Tim Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja menghimbau masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan perseorangan yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Saat keluar rumah menggunakan masker dan tetap menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain. Selalu menjaga kebersihan badan dan menjaga daya tahan tubuh.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT