Bertambah 1 Lagi, Total Positif Covid-19 di Tana Toraja Sudah 7 Kasus

Bertambah 1 Lagi, Total Positif Covid-19 di Tana Toraja Sudah 7 Kasus
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kab. Tana Toraja Mariany Sampe didampingi Tim Dokter Satgas Covid-19 Tana Toraja dr. Mardaria Patioran dan Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja, Daniel Galenta menyampaikan update kasus Covid-19 di Tana Toraja, Kamis (11/06).

Tana Toraja, SULSELSEHAT – Kasus terkonfirmasi positif Corona (Covid-19) di Kabupaten Tana Toraja dilaporkan bertambah 1 lagi per hari ini, Kamis (11/06).

 

Informasi tentang hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kab. Tana Toraja Mariany Sampe didampingi Tim Dokter Satgas Covid-19 Tana Toraja dr. Mardaria Patioran dan Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja, Daniel Galenta.

JANGAN LEWATKAN :

“Satu pasien baru (pasien 07) yang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Lakipadada,” jelas Mariany Sampe, Kamis 11 Juni 2020 sebagimana dilansir dari Liputan4.com.

Pasien 07 terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut adalah laki-laki yang berumur 56 tahun, diketahui tinggal di Jl. Ujung Parang Layang, Kec. Bontoala Makassar. Ia pedagang pakaian dari Toraja-Makassar. Saat di Toraja beliau tinggal di kost, tepatnya di belakang Kantor Kelurahan Tonton Mammulu Kec. Makale.

BACA:  Tes Swab Massal Satgas Covid-19 Makassar Sasar 15.267 Warga

Berdasarkan hasil tracking terhadap riwayat perjalanan pasien, diketahui pasien 07 ini baru saja kembali dari Makassar dan tiba di Tana Toraja pada tanggal 05 Juni 2020. Saat hendak melintas di pintu Perbatasan Enrekang-Toraja di Salubarani, Pasien diminta menunjukkan bukti rapid test.

Pasien tersebut telah menjalani Rapid Test mandiri di RS Sinar Kasih Makale. Dan berdasarkan rapid test diketahui hasilnya reaktif sehingga dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab dengan Metode Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Lakipadada dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasien 07 tersebut saat ini terkonfirmasi sebagai positif Covid-19 tersebut akan segera dirujuk ke Makassar untuk menjalani wisata Covid-19 yang merupakan program Pemprov Sulsel.

BACA:  Bukan Lagi Zona Hijau, Palopo Kini Punya 28 Kasus Positif Covid-19

Pasien tersebut dirujuk ke Makassar berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dimana pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah harus dirujuk ke Makassar untuk mengurangi beban penanganan Covid-19 di daerah.

Atas adanya pengumuman 1 kasus baru yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja maka Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat 7 pasien terkonfirmasi positif dimana 5 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran virus di lingkungan masyarakat.

Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan tracking terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans dari Puskesmas. Tracking ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona (SARS CoV-2) dari pasien positif di lingkungan masyarakat.

BACA:  Jaga Imunitas Warga, Crew Bekam Gowa Gelar Aksi Sosial Bekam Gratis

Kembali, Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja menghimbau masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan perseorangan yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, saat keluar rumah menggunakan masker dan tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Selalu menjaga kebersihan badan dan menjaga daya tahan tubuh.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT