Update Covid-19 Toraja: 8 Kasus Positif, 6 Sembuh dan 1 Meninggal Dunia

Gambar Gravatar
Pengumuman Tim Gugus Covid-19 Toraja mengenai Pasien 08 Covid-19 yang Meninggal Dunia
Pengumuman Tim Gugus Covid-19 Toraja mengenai Pasien 08 Covid-19 yang Meninggal Dunia, Selasa (23/06/2020)

Tana Toraja, SULSELSEHAT – Kabupaten Tana Toraja kembali mengumumkan tambahan 1 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, Selasa (23/06/2020) sehingga total positif Covid-19 di daerah itu sudah mencapai 8 kasus.

Satu kasus baru yang dilaporkan positif Covid-19 ternyata adalah warga yang sebelumnya telah meninggal dunia. Hal ini disampaikan Mariana Belo, SKM Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja.

JANGAN LEWATKAN :

Ia menuturkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM) pasien 08 terkonfirmasi positif Covid-19 adalah laki-laki (45) warga Lembang Gandangbatu Kecamatan Gandangbatu Sillanan.

BACA:  Pasar dan Pedagang Kaki Lima di Makassar Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Ini

“Pasien 08 ini telah dinyatakan meninggal dunia dan diketahui memiliki gejala penderita Covid-19 serta memiliki riwayat perjalanan dari daerah Zona Merah, yakni Makassar,” jelasnya.

Dijelaskan Mariana, setelah dilakukan tracking terhadap riwayat perjalanan kasus pasien 08 ini, diketahui baru saja kembali dari Makassar pada tanggal 15 Juni 2020. Namun pasien tersebut tidak melapor ke Petugas Puskesmas dan Pemerintah setempat.

Setelah beberapa hari di rumah, pasien 08 tersebut mulai sakit dan melapor ke pemerintah setempat, yang selanjutnya berkomunikasi dengan petugas kesehatan untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Diketahui pasien meninggal dunia, pada hari Senin (22/06) malam. Lalu tim Satgas melakukan pengambilan sampel cairan tenggorokan untuk pemeriksaan dengan metode TCM dan dari hasil tes itulah maka pasien 08 dinyatakan sebagai pasien yang positif terpapar Covid-19.

BACA:  Prof Irawan: Dampak Pertambahan Kasus Positif Covid-19 di Sulsel Harus Jadi Perhatian Serius

Hingga hari ini dengan bertambahnya 1 kasus baru terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat sudah 8 kasus pasien terkonfirmasi positif, dimana 6 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh. Kemudian 1 pasien dirujuk ke makassar dan 1 kasus yang terakhir sebagai pasien 08 dinyatakan meninggal dunia.

Dengan adanya pasien yang meninggal dunia, Satgas Covid-19 Tana Toraja mengambil beberapa langkah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Langkah yang dilakukan yakni dengan melakukan tracking terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans sebagai upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona. Juga dilakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah pasien yang meninggal dunia tersebut.

BACA:  Kasus Covid-19 Masih Terus Naik, Gubernur Sulsel: Tindak Tegas yang Melanggar

Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja juga menghimbau masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan perseorangan yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selain itu juga saat keluar rumah harus selalu menggunakan masker dan tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Selalu menjaga kebersihan badan dan menjaga daya tahan tubuh.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT