Bertambah 154 Orang Positif Covid-19 di Sulsel, 11 Daerah Ini Jadi Lokasi Penyebaran

Update Covid-19

Makassar, SULSELSEHAT – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan menyebutkan per hari Selasa (23/6), jumlah warga yang positif terpapar virus corona atau Covid-19 tercatat 154 orang.

 

Dari total tersebut kembali terjadi peningkatan yang cukup signifikan, dimana pada hari sebelumnya tercatat kasus positif Covid-19 sebanyak 111 kasus baru.

JANGAN LEWATKAN :

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel dr Syafri Kamsul Arif mengatakan, hingga hari ini total kasus positif Covid-19 di Sulsel sebanyak 4.062 kasus.

Untuk jumlah kasus positif hari ini 11 daerah menjadi lokasi penyebaran. Yaitu, Kabupaten Bulukumba, Luwu Timur, Gowa, Takalar, Bantaeng, Barru, Maros, Palopo, Selayar, Pinrang, Sinjai dan Kota Makassar.

BACA:  Gubernur NA Tegaskan Pilkada 2020 Harus Bebas Claster Baru Covid-19

“Dari 11 daerah ini, Kota Makassar masih menjadi titik episentrum terbesar dengan 107 kasus baru,” katanya saat melakukan pres conference melalui telekonferensi, Selasa (23/6).

Peningkatan laju penyebaran diakui dr Syafri karena upaya proaktif dalam melakukan penanganan. Termasuk dengan meningkatkan korrdinasi di tingkat sektor.

“Ini karena langkah kita melakukan agresif testing dan massif tracking di masyarakat,” akunya.

Penyebaran Covid-19 yang semakin meluas ini juga dikatakannya, karena belum adanya kesadaran massif dari masyarakat untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

Misalnya menggunakan masker dan menjaga jarak saat beraktivitas di luar rumah, serta rajin mencuci tangan sebelum melakukan kegiatan apapun. Termasuk pula menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

BACA:  64 Pasien Positif Covid-19 Cluster Lapas Bolangi di RSKD Dadi Dipulangkan

“Kita dapat menekan angka penyebaran ini jika masyarakat bisa patuh dan disiplin,” harapnya.

Kedepan, pihaknya akan terus mengambil langkah-langkah prefentif baik yang sifatnya jangka pendek, menengah dan panjang dalam memutus mata rantai penyebaran. Utamanya pada daerah-daerah episentrum.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT