2 Hari Kasus Covid-19 Melandai, Gubernur Sulsel: Kesadaran dan Kedisiplinan Masyarakat Meningkat

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan mencatat kurva penularan virus corona atau Covid-19 selama dua hari terakhir terpantau melandai.

Dimana dalam data tersebut penambahan kasus baru hanya dibawah 100 kasus perhari. Misalnya pada periode 10 Agustus 2020 kasus baru terkonfirmasi sebanyak 77 kasus, sedangkan pada periode 11 Agustus 2020 kasus baru tercatat hanya 54 kasus. Sehingga secara total jumlah kasus hingga saat ini sebanyak 10.494 kasus.

JANGAN LEWATKAN :

BACA:  Wagub Sulsel Dukung Perwali Percepatan Pengendalian Covid-19 di Makassar

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan, angka kasus harian Sulsel saat ini berada di rata-rata 100. Ini berkat upaya pemerintah melalui tim gugus tugas yang aktif melakukan massif tes. Termasuk juga tracing dan edukasi.

“Massif tes ini kita akan dorong apalagi dengan adanya mobil Polimerase Chain Reaction (PCR) kita. Sehingga kita akan semakin mudah menemukan orang yang terpapar untuk ditangani, begitupun dengan pelacakan orang yang berpotensi menularkan,” katanya kepada Sulselsehat.com, di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (11/8/2020).

Selain itu, dalam menekan laju penularan juga berkat kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat mulai sadar untuk mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

BACA:  Pencegahan Stunting jadi Prioritas Pemprov Menuju Sulsel Sehat

“Kita besyukur beberapa hari terakhir trennya terus menurun kan, artinya disiplin masyarakat mulai naik, tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat mulai naik. Mudah-mudahan ini bisa kita jaga hingga vaksin di temukan.

Ia pun mengimbau agar seluruh masyarakat dapat terus membangun kesadaran dan kedisiplinannya, sehingga Sulsel kedepan ini bisa kembali membaik.

Sementara, Ketua Tim Konsultan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel Prof Ridwan Amiruddin mengatakan, pergerakan kasus Covid-19 yang naik turun menggambarkan kasus di Sulsel masih fluktuasi.

Dirinya pun meminta, kondisi ini perlu diwaspadai oleh pemerintah karena adanya situasi ini menempatkan Sulsel masih belum aman dari penyebaran Covid-19.

“Meski pergerakan kasus hingga saat ini telah mencapai 10.494 tetapi jika dilihat dari angka kesembuhan pasien juga cukup besar. Di mana angka kesembuhan sudah mencapai 70 persen sementara angka meninggal semakin menurun setiap harinya,” ujarnya.

BACA:  Pasien Covid-19 di RS akan Dipindahkan ke Hotel untuk Lanjutkan Perawatan

Sekadar diketahui, hingga saat ini dari total kasus terkonfirmasi, jumlah pasien sembuh tercatat 7.329 pasien sementara pasien meninggal sebanyak 337 pasien.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT