Resmi Diluncurkan, Mobil PCR Combat akan Percepat Pemeriksaan Sampel Covid-19

Mobil PCR Combat Covid-19
Gubernur Sulsel yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel Nurdin Abdullah saat memantau pengoperasian Mobil PCR Combat Covid-19 di pelataran Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Rabu (11/8). (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akhirnya meluncurkan dua unit mobil Polimerase Chain Reaction (PCR) Combat untuk mempercepat proses tes swab virus corona atau Covid-19

“Allhamdulilah gugus tugas penanganan Covid-19 Sulsel telah membeli mobil PCR sebanyak 2 unit. Mobil ini sudah tiba, dan bapak gubernur juga sudah meninjau langsung mobil tersebut,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Sulsel dr Ichsan Mustari saat ditemui di sela-sela penyerahan Mobil PCR Combat Covid-19 di Rujab Gubernur Sulsel, Rabu (11/8/2020).

JANGAN LEWATKAN :

BACA:  Lindungi Nakes di RSUD Gowa, PKK Gowa Serahkan 31 Kotak Aerosol

dr Ichsan menyebutkan, dalam pengoperasian mobil PCR tersebut, tim gugus tugas provinsi juga telah menyiapkan tenaga yang akan bekerja disetiap mobil PCR itu.

Pada setiap mobil akan disiapkan lima orang yang terdiri dari driver, kapten, dan tiga petugas laboratorium

Untuk kapasitas pemeriksaan spesimen swab pada setiap mobilnya, dr Ichsan mengaku setiap satu kali running ada 8 spesimen atau dalam sehari bisa melakukan pemeriksaan 600 hingga 700 spesimen.

“Sekitar diangka itu karena sebenarnya satu putaran ada delapan yang kita liat untuk kecepatan pemeriksaannya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sulsel ini.

Lanjutnya, untuk setiap harga mobil tersebut seharga Rp3,5 Miliar atau secara total Rp7 Miliar. Untuk pengoperasiannya akan dioperasionalkan untuk penanganan di rumah sakit gawat darurat, dan di pasar-pasar yang ada di daerah zona merah seperti Kota Makassar.

BACA:  Operasi Yustisi Makassar Jaring 20 Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19

Sementara Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini hal penting yang dilakukan adalah testing massif, tracking massif dan edukasi. Sehingga untuk mempercepat proses testing atau pemeriksaan sampel swab pihaknya merasa perlu memiliki alat swab tambahan.

“Saya kira ini penting sekali terutama dalam rangka menentukan status pasien yang sementara dirawat. Kita tidak ada alasan lagi menunggu hasil swab dari laboratorium karena kita sudah punya mobil untuk mobile swab,” katanya.

Ia pun berharap keberadaan Mobil PCR ini dapat digunakan secara maksimal meskipun jumlahnya baru dua unit. Kedepan kita harapkan Pemprov Sulsel dapat lagi bantuan mobil PCR dari pemerintah pusat sehingga bisa bertambah jumlahnya.

BACA:  Sudah 48 Dokter Meninggal Dunia Akibat Positif Covid-19, PB IDI: Skrining Perlu Diperketat

“Kalau ada bantuan dari pemerintah pusat kita akan sumbang ke daerah-daerah terjauh, jadi tidak perlu lagi mengirim sampel Covid-19 ke Makassar. Apa yang kita lakukan hingga saat sekarang ini betul-betul untuk melindungi masyarakat kita,” tegas Nurdin.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT