Epidemiolog Sebut Covid-19 Dapat Dikendalikan Dengan Lakukan Ini…

Pakar Epidemiologi Universitas Hasanuddin Prof Ridwan Amiruddin
Pakar Epidemiologi Universitas Hasanuddin Prof Ridwan Amiruddin

Makassar, SULSELSEHAT — Epidemiolog Universitas Hasanuddin Prof Ridwan Amiruddin menegaskan, penyebaran virus corona atau Covid-19 dapat dikendalikan jika masyarakat patuh dalam menerapkan protokol kesehatan yang benar. Termasuk peran serta pemerintah yang semakin serius dalam menekan penularan.

“Sepanjang protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik sebenarnya pandemi ini bisa dikendalikan dan ekonomi dapat bergerak dengan baik,” katanya kepada Sulselsehat.com, Rabu (11/8/2020).

JANGAN LEWATKAN :

Apalagi beberapa hal pada Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Kedisiplinan dan Penegakkan Protokol Kesehatan juga membahas terkait beberapa langkah-langkah dalam penanganan Covid-19 dalam mendorong kemajuan beberapa sektor. Termasuk ekonomi sekolah ekonomi.

BACA:  Jus Mengkudu Belum Teruji Klinis Dapat Obati Covid-19

“Di dalam Inpres nomor 6 ini memang ada juga tentang protokol kesehatan di tempat usaha atau tempat wisata. Nah harusnya ini menjadi patron supaya seluruh pengusaha bisa melakukan ini,” katanya lagi.

Menurutnya, hal ini dapat didorong khususnya di Sulsel karena keuntungan dari wilayah ini yakni tidak semua kabupaten/kota terpapar secara agresif oleh Covid-19.

Berdasarkan data yang ada dari 24 kabupaten/kota hanya 10 daerah yang terpapar, sementara sisanya relatif terkendali .

“Jika kita lihat dari sisi kuratif persoalan Covid-19 sudah terlalu banyak menghabiskan anggaran sementara kasus semakin hari justru meningkat terus. Covid-19 ini bisa dituntaskan dari sisi hulunya dengan upaya promotif dan preventif sampai pada deteksi dini pelacakan kasusnya dan ini diatur dalam Inpres nomor 6 ini,” tegas Prof Ridwan.

BACA:  Prof Ridwan: Covid-19 di Luwu dan Palopo Perlu Perhatian Serius!

Sementara, terkait tempat usaha yang akan dibuka itu menjadi kebijakan pemerintah bagaimana adaptasi kebiasaan baru ini berjalan, sektor ekonomi bergerak dan masyarakat tetap bisa aman dari penularan dari sisi kesehatannya.

“Ini juga bagian dari fokus tim gugus yaitu bagaimana ekonomi tetap tumbuh dan tidak terpuruk. Karena jika demikian ini juga akan menjadi beban untuk negara. Ini akan menimbulkan kerawanan ketahanan bernegara. Sehingga kita semua harus terlibat dalam mengatasi pandemi ini,” tutup Prof Ridwan yang juga Ketua Tim Konsultan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel ini.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT