Mobil PCR Covid-19 Sulsel Bisa Digunakan Tes Narkoba dan HIV

Makassar, SULSELSEHAT — Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah resmi meluncurkan Mobil Combat Polimerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 di pelataran Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Jendral Sudirman, Rabu (12/8/2020).

Nurdin Abdullah mengatakan, keberadaan Mobil PCR ini kedepannya bukan hanya dioperasikan untuk melakukan tes sampel swab virus corona atau Covid-19 secara massif.

JANGAN LEWATKAN :

Moibl PCR tersebut juga dapat digunakan untuk pemeriksaan lainnya, mulai dari tes narkoba, HIV-AIDS dan sebagainya.

BACA:  Dari Target 80 Ribu, Pemprov Sulsel Telah Lakukan 55 Ribu Tes Swab

“Mobil PCR ini akan digunakan dalam waktu yang lama, jadi jika pandemi Covid-19 ini berakhir. Keberadaannya bisa juga kita gunakan untuk pemeriksaan HIV-Aids, tes narkoba dan sebagainya. Ini merupakan upaya untuk melindungi masyarakat kita,” katanya usai meluncurkan secara simbolik.

Mobil PCR ini memiliki alat pemeriksaan yang akan dioperasikan untuk melakukan pemeriksaan spesimen. Dalam pengoperasiannya pula akan ada petugas yang terlibat sebagai kapten, sebagai driver dan petugas laboratorium.

“Setiap mobil ini dalam satu kali pemeriksaannya dapat memeriksa delapan sampel dan memberikan hasil dalam waktu satu jam,” kata Nurdin.

Sebelumnya, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Sulsel dr Ichsan Mustari mengatakan, untuk setiap harga mobil tersebut seharga Rp3,5 Miliar atau secara total Rp7 Miliar.

BACA:  Hari Ini Sulsel Catat 75 Kasus Baru Covid-19, 337 Dinyatakan Sembuh

Untuk pengoperasiannya akan dioperasionalkan untuk penanganan di rumah sakit gawat darurat, dan di pasar-pasar yang ada di daerah zona merah seperti Kota Makassar.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT