Seluruh Guru di Sulsel akan Jalani Test Swab Covid-19

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat melakukan tes swab pada layanan mobil PCR. Hal ini sebagai tanda launching tes swab kepada guru-guru diseluruh kabupaten/kota di Sulsel menyambut sekolah tatap muka pada 2021 mendatang. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Jelang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, Pemerintah Propinsi melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel akan melakukan tes swab kepada seluruh guru di daerah ini.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, swab ini dilakukan untuk memastikan seluruh guru yang akan bertugas di kelas dalam kondisi sehat dan bebas dari penularan Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

“Kita ingin pada proses belajar tatap muka yang akan kita mulai di awal tahun mendatang itu tidak terjadi klaster baru. Makanya gurunya harus sehat,” katanya saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Guru Tingkat Provinsi Sulsel, di Hotel Gammara, Makassar, Senin, (30/11/2020).

BACA:  Nakes Terinfeksi Covid-19 Termasuk PAK, Berhak Dapatkan Jaminan Kecelakaan Kerja

Tes swab massal kepada seluruh guru akan dilakukan di seluruh kabupaten/kota secara bertahap. Khususnya kepada daerah yang telah merencanakan akan membuka KBM secara tatap muka.

“Semua guru yang akan mengajar kita wajibkan mengikuti swab. Ini untuk meyakinkan kepada siswa dan orangtua siswa bahwa guru yang mengajar di kelas bebas dari virus Covid-19 ini,” tegasnya.

Ia mengaku, swab bagi guru ini merupakan langkah pertama yang dilakukan Satgas Provinsi di Indonesia. Olehnya dirinya berharap ini bisa menjadi motivasi bagi satgas provinsi lainnya untuk di lakukan.

Persiapan tes swab tersebut merupakan sinergi antara Dinas Pendidikan Sulsel dengan Dinas Kesehatan Sulsel, Kabupaten Kota se-Sulsel, dan seluruh Forkopimda yang ada.

BACA:  Ketika Laju Insidensi Berpacu dengan Angka Recovery Covid-19

“Kami bersama seluruh Forkopimda yang ada mempersiapkan guru-guru kita dengan melakukan tes swab , untuk memastikan bahwa guru-guru kita sehat, karena ia akan menghadapi anak-anak kita,” ungkapnya.

Selain itu, tes swab ini juga merupakan salah satu persiapan berdasarkan intruksi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

“Menteri Pendidikan meminta kepada kita untuk menyiapkan sekolah tatap muka di pada Januari. Jadi untuk memastikan kita siap melaksanakan proses belajar tatap muka ini, maka kita harus pastikan seluruh komponen pendukungnya siap. Seperti guru-gurunya dipastikan sehat,” tegas Nurdin.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Muhammad Jufri mengatakan, launching tes swab bagi guru ini merupakan langkah Dinas Pendidikan Sulsel untuk memastikan seluruh anak didik aman memasuki sekolah tatap muka.

BACA:  Tidak Benar Tersisa 2 Tenaga Dokter yang Negatif Covid-19 di RS Unhas

“Kita akan melakukan launching swab massif untuk guru-guru di sekolah dan untuk memastikan anak-anak kita sehat di saat masuk sekolah tatap muka,” tutupnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT