Kuliah Umum Fakultas Farmasi Unhas Hadirkan Pakar Virus asal Australia

Kuliah umum Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin
Kuliah umum Fakultas Farmasi, Universitas Hasanuddin menggelar kuliah umum dengan pembahasan virus.

Makassar, SULSELSEHAT — Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin kembali menggelar Kuliah Umum secara virtual.

Kali ini menghadirkan Assoc. Prof. Karyn Johnson dari School of Biological Sciences, The University Queensland, Australia yang mengkaji persoalan virus.

JANGAN LEWATKAN :

Prof. Karyn menjelaskan beberapa hal tentang virus, diantaranya mengenalkan virus sebagai patogen umum, menggambarkan struktur umum, dan siklus hidup virus, hingga menjelaskan bagaimana dan mengapa virus sebagai dogma sentral dalam biologi molekuler.

Ia mengatakan, virus adalah agen infeksi berukuran kecil yang bereproduksi di dalam sel inang yang hidup. Ketika terinfeksi, sel inang tersebut akan dipaksa untuk menghasilkan ribuan salinan identik virus asli dengan cepat.

BACA:  Fakultas Farmasi Unhas Bentuk Bina Desa Covid-19

“Virus merupakan mikroorganisme yang bereplikasi dalam sel makhluk hidup untuk berkembang biak melalui mutasi. Semua bentuk kehidupan dapat diinfeksi oleh virus yang penyebarannya dapat terjadi dengan berbagai cara salah satunya melalui organisme pembawa penyakit atau dikenal dengan vektor,” katanya dalam pertemuan tersebut, Jumat (27/11/2020).

Lanjutnya, virus sendiri tidak memiliki sel, melainkan pembentukan virus-virus baru berlangsung dalam sel inang yang terinfeksi. Walaupun demikian, virus memiliki materi genetik yang memungkinkannya untuk bermutasi dan berevolusi.

“Virus merupakan parasit obligat intraselulur yang berkembang biak melalui mutasi dan seleksi alam. Masing-masing hanya mengandung satu macam asam nukleat, bisa jadi DNA atau RNA,” jelas Prof Karyn.

Menurutnya, ketika virus memasuki sel tubuh, virus tersebut akan mengambil alih sistem kerja sel lalu mengubahnya menjadi sel penghasil virus baru yang bisa menginfeksi sel tubuh lainnya.

BACA:  Fakultas Farmasi Unhas Bentuk Bina Desa Covid-19

Hingga saat ini penyakit yang ditimbulkan akibat infeksi virus beragam. Ada yang bisa bersifat ringan dan dapat sembuh sendiri, bahkan beberapa juga yang tergolong serius dan memerlukan perawatan dokter.

Secara umum, penyakit yang disebabkan oleh virus dapat memperlihatkan gejala yang mirip dengan penyakit akibat bakteri. Beberapa gejala yang umum dari kedua jenis infeksi ini antara lain batuk dan bersin, demam, muntah, diare, kelelahan dan kram.

Saat ini ada beberapa penyakit yang disebabkan karena virus. Antara lain, pilek, flu, cacar air, demam berdarah dengue, hepatitis viral, rabies, rubella, zika, HIV/AIDS dan Covid-19.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT