Fatayat NU Ikut Fokus pada Peningkatan Gizi Ibu Hamil dan Balita

Pengurus Fatayat NU Provinsi Sulsel
Pengurus Fatayat NU Provinsi Sulsel saat menyalurkan paket bantuan makanan tambahan dan vitamin bagi ibu hamil dan balita di 11 kabupaten/kota di Sulsel. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Berdasarkan data yang dihimpun pengurus Pimpinan Wilayah Fatayat Nahdatul Ulama Provinsi Sulawesi Selatan, diketahui ada 11 kabupaten/kota di Sulsel yang masuk kategori gizi buruk yang tinggi terhadap ibu hamil dan wanita.

Hal ini menjadi perhatian pengurus Fatayat NU Sulsel untuk membantu pemerintah daerah melakukan penanganan dalam meningkatkan gizi ibu hamil dan balita agar terhindar dari gizi buruk.

Ketua Fatayat NU Sulsel Nurul Ulfa Muthalib mengatakan, langkah yang dilakukan pun salah satunya dengan menyalurkan paket bantuan makanan tambahan dan vitamin bagi ibu hamil dan balita serta masyarakat lainnya. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dan kelengkapan gizi mereka.

“Program ini merupakan kerjasama Fatayat NU dengan Kementerian Kesehatan RI dalam penanganan stunting dan gizi buruk di daerah-daerah,” katanya di sela-sela menyalurkan bantuan, Rabu (9/12/2020).

Ada pun daerah sasaran ada 11 kabupaten/kota yang dinilai masih memiliki angka kasus gizi buruk. Antara lain, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Bone, Kabupaten Selayar, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Gowa, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Takalar.

“Paket makanan tambahan ini langsung disebarkan kepada yang membutuhkan, melalui pimpinan cabang (PC) Fatayat di beberapa kabupaten/kota dan beberapa komunitas jaringan,” ujarnya.

Ia pun mengaku, sangat bangga dengan adanya kerjasama tersebut. Pasalnya hal ini juga selaras dengan program Fatayat NU dalam membantu pemerintah menurunkan angka gizi buruk, stunting dan perbaikan gizi bagi ibu hamil dan balita.

“Harapan kami semoga bantuan ini bisa tepat sasaran. Seperti bagi Ibu hamil kategori kurang energi kronis dan balita yang memiliki berat badan rendah. Ini juga sudah kami sampaikan ke seluruh pimpinan cabang yang berpartisipasi menyalurkan” ungkap Nurul.

Fatayat NU adalah organisasi perempuan NU yang memiliki visi pemberdayaan terhadap perempuan, tak terkecuali pada kesehatan ibu dan anak, sesuai dengan tema kegiatan penyalurannnya ” Anak dan Ibu Sehat, Generasi Kuat dan Unggul”.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT