Layanan Rapid Tes Antigen Gratis di Kantor YKI Sulsel Buka Senin hingga Sabtu

Suasana rapid test antigen gratis di Kantor YKI Sulsel
Suasana rapid test antigen gratis di Kantor YKI Cabang Sulsel, di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Layanan pemeriksaan rapid test antigen secara gratis oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Sulawesi Selatan bekerjasama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemprov Sulsel disiapkan setiap Senin hingga Sabtu, mulai pukul 09.00 hingga 14.00 Wita.

Layanan rapid test antigen gratis ini berlokasi di Kantor YKI Cabang Sulsel, Jalan Lanto Daeng Pasewang, atau di samping Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dadi Makassar.

JANGAN LEWATKAN :

Koordinator Duta Wisata Covid-19 Sulsel Husni Thamrin mengatakan, layanan pemeriksaan rapid test antigen ini dilakukan oleh tiga tenaga medis dan satu tenaga edukator.

BACA:  Begini Kronologis Ibu Hamil di Makassar yang Bayinya Meninggal dalam Kandungan

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti rapid antigen gratis ini cukup dengan melakukan registrasi melalui laman https://covid19.sulselprov.go.id/rapidgratis.

Bagi masyarakat yang telah terdaftar akan diberikan informasi mengenai hari dan jam untuk melakukan tes di lokasi. Per harinya, penyelenggara hanya menyiapkan 100 kuota.

“Masyarakat yang telah terdaftar melalui website, akan dipanggil untuk melakukan tes dan hasilnya akan diperoleh dalam waktu 15 menit. Hasilnya diperoleh melalui aplikasi, begitu datanya terinput, hasilnya akan keluar dalam waktu 15 menit dan bisa langsung di print dan diberikan kepada masyarakat,” katanya, Kamis (24/12/2020).

Bagi masyarakat dengan hasil terkonfirmasi positif akan diberikan edukasi oleh tenaga edukator yang telah disiapkan untuk mengikuti program Duta Wisata Covid-19 di hotel yang telah disediakan Pemprov Sulsel.

BACA:  Pemkab Jeneponto Gratiskan Surat Bebas Covid-19 di 5 Puskesmas Ini

“Ketika peserta yang melakukan test terkonfirmasi Covid-19, maka mereka akan mengikuti Duta Wisata Covid-19 untuk melakukan perawatan di hotel yang telah disediakan pemerintah,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel ini.

Sementara Ketua YKI Cabang Sulsel Lies F Nurdin mengaku sangat mendukung upaya Satgas Covid-19 Sulsel dalam menekan kasus penularan yang saat ini mengalami peningkatan.

“Ini sebagai bentuk perhatian Pemprov Sulsel kepada masyarakat akibat meningkatnya kasus terkonfirmasi positif di Sulsel. Selain itu juga bagian dari upaya untuk cepat mendeteksi masyarakat yang terpapar, sehingga dapat ditekan dengan cepat,” singkatnya.

Salah satu warga, Sari (38), mengaku cukup terbantu dengan layanan pemeriksaan gratis yang disediakan YKI dan Satgas Covid-19 Sulsel. Ia menggunakan layananan ini untuk memperoleh surat keterangan karena akan melakukan perjalanan ke Jakarta.

BACA:  Update Covid-19 Toraja: 8 Kasus Positif, 6 Sembuh dan 1 Meninggal Dunia

“Layanan ini sangat membantu, terima kasih sekali karena sudah membantu, support ini sangat bagus untuk ke depannya,” kata Sari.

Sekadar diketahui, rapid test antigen merupakan layanan pemeriksaan yang mengambil sampel dari lendir hidung pasien untuk mengetahui protein yang terkandung di kulit. Tingkat sensitivitas tes ini mencapai 92 persen, lebih tinggi dari rapid tes antibodi yang sebelumnya umum digunakan.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT