Usai Dilantik, Menkes Budi Gunadi Sadikin Fokus Persiapan Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi Vaksin Covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Usai resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo menggantikan dr Terawan Agus Putranto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mulai tancap gas mengerjakan sejumlah program kerja.

Salah satu fokus utama yang akan dilakukan yaitu pada persiapan vaksinasi virus corona atau Covid-19 di seluruh wilayah di Indonesia.

JANGAN LEWATKAN :

“Tugas pertama yang harus segera dilaksanakan adalah mempersiapkan program vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan. Ini menjadi target jangka pendek setelah di lantik atau selama 100 hari kerja,” kata Budi dalam pernyataannya saat memimpin rapat, Kamis (24/12/2020).

BACA:  Orang Batuk Pilek Dihimbau Untuk Tidak Pergi ke Pasar

Ia menargetkan, untuk tahap awal atau pada akhir Desember 2020 mendatang proses vaksinasi akan dilakukan di wilayah Pulau Jawa, sementara untuk di luar Pulau Jawa, termasuk di Sulawesi Selatan akan ditargetkan dapat dimulai pada Januari 2021.

“Pada pelaksanaan vaksinasi nanti harus kita lakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatiaan serta persiapan matang,” ujarnya.

Menurutnya, paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama, di antaranya ketersediaan kuota vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas dalam hal ini tenaga kesehatan, strategi distribusi, serta proses vaksinasi.

“Saya ingin memastikan semua alatnya siap sebelum kita melakukan vaksinasi di lapangan,” terangnya.

Ia menegaskan, untuk menyamakan pemahaman, mengidentifikasi masalah seraya penguatan pelaksanaan vaksinasi, pihaknya mendorong agar pemerintah menjalin koordinasi dan kerja sama dengan stakeholder terkait termasuk yang berada di daerah.

BACA:  Ketika Laju Insidensi Berpacu dengan Angka Recovery Covid-19

“Kita akan kembali membicarakan hal. Ini dengan dinas kesehatan baik provinsi maupun kabupaten/kota, asosiasi puskesmas, asosiasi rumah sakit awasta maupun klinik. Tujuannya untuk mengecek apakah pemahaman kita sama, dan sejauh mana kesiapan mereka melaksanakan vaksinasi Covid-19 ini,” terang Budi.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT