Pemprov Sulsel Siapkan 2 Lokasi Berbeda untuk Rapid Antigen Gratis

Ilustrasi rapid test antigen.
Ilustrasi rapid test antigen.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Layanan pemeriksaan rapid test antigen yang disiapkan secara gratis oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sulsel dilakukan di 2 lokasi berbeda.

Lokasi tersebut antara lain di Bandara Sultan Hasanuddin yang berlokasi di area parkir kedatangan penumpang, dan di Kantor Sekretariat Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Sulawesi Selatan.

JANGAN LEWATKAN :

Kedua lokasi tersebut menyiapkan masing-masing 100 kuota setiap hari.

Kabid Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sulsel dr. Jamaluddin mengungkapkan, rapid test antigen ini ditujukan untuk masyarakat yang akan melakukan perjalanan bagi daerah yang memberlakukan surat keterangan bebas Covid-19.

BACA:  Jabat Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman akan Fokus Tangani Covid-19

Selain itu, rapid test antigen ini juga untuk masyarakat yang hanya ingin melakukan pemeriksaan sebagai upaya mendeteksi diri dari penularan.

“Di bandara itu khusus penumpang yang memang membutuhkan surat keterangan bebas penularan Covid-19. Sementara yang di Kantor YKI Sulsel untuk masyarakat umum maupun penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui pelabuhan,” ungkapnya, Jumat (25/12/2020).

Layanan pemeriksaan rapid test antigen di Kantor YKI Sulsel hanya dibuka mulai Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 hingga 14.00 Wita, sementara layanan rapid di bandara dibuka Senin hingga Jumat mulai 10.00 Wita hingga selesai.

“Kita berharap layanan pemeriksaan rapid test antigen ini dapat memudahkan masyarakat yang membutuhkan surat keterangan saat akan melakukan perjalanan ke luar kota. Termasuk untuk menekan penularan,” ujarnya.

BACA:  Masyarakat yang Terima SMS dari Kemenkes RI Wajib Divaksin Covid-19

Dirinya mengaku, layanan pemeriksaan gratis ini disiapkan atas instruksi langsung dari Bapak Gubernur Sulsel saat berada di bandara. Dimana dirinya melihat antrian masyarakat mencari layanan rapid antigen.

“Setelah beliau (Bapak Gubernur Sulsel) melihat antrian masyarakat mencari layanan rapid test. Beliau langsung menginstruksikan kami untuk bekerja sama dengan otoritas Bandara Sultan Hasanuddin agar membuka layanan pemeriksaan secara gratis,” terangnya.

Tak hanya itu, Gubernur Sulsel juga meminta agar Dinkes Sulsel membuka dua layanan di tempat berbeda. Olehnya, layanan yang disiapkan untuk masyarakat selain di Bandara Sultan Hasanuddin, juga siapkan di Kantor Sekretariat YKI.

“Ini bekerjasama dengan Angkasa Pura dan ini satu-satunya di Indonesia, belum ada di tempat lain,” tegasnya.

BACA:  Tren Covid-19 di Sulsel Melandai, IDI: Jumlah Spesimen yang Diperiksa Harus Transparan

Bagi peserta yang ingin mendaftar bisa mengakses melalui laman www.bit.ly/daftar-rapid-gratis.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT