Positif Covid-19, 35 Napi Lapas Perempuan Bolangi Gowa Dirujuk ke RS Dadi Makassar

Gambar Gravatar
Rapid Test di Lapas
Ilustrasi pelaksanaan rapid test Covid-19.

Gowa, SULSELSEHAT – Tercatat 35 orang narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Bolangi Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (06/06/2020).

Hal ini dikonfirmasi kebenarannya oleh Taufiqurrahman, oleh Kepala Divisi Lapas, Kantor Kementerian Hukum dan HAM wilayah Sulawesi Selatan.

JANGAN LEWATKAN :

“Iya benar, saat ini napi pasien Covid-19 sudah dirujuk ke RS Dadi Makassar,” ujarnya kepada awak media.

Dirinya menjelaskan, ini diketahui usai puluhan warga binaan di Lapas Khusus Perempuan tersebut menjalani rapid test massal. Hasilnya, puluhan orang berstatus reaktif dan langsung ditindaklanjuti dengan tes swab.

BACA:  Acara Perpisahan SMKN 4 Makassar yang Abaikan Protokol Kesehatan Tak Sepengetahuan Sekolah

Karena itt, kata Taufiqurrahman, protap pengamanan oleh petugas lapas tetap dilakukan guna mengantisipasi napi kabur dari rumah sakit.

Sejumlah petugas jaga ditempatkan dengan waktu yang bergantian. Mulai pukul 07.00 WITA-13.00 WITA, selanjutnya pukul 13.00 WITA-19.00 WITA dan 19.00 WITA-07.00 WITA.

“Tentu kami tempatkan petugas jaga dengan dibagi menjadi tiga jenjang waktu (shift). Untuk jumlah petugas tidak bisa kami sampaikan karena itu sifatnya internal,” tuturnya.

Sebelumnya pada Jumat (05/06), Ketua Tim Humas LPP Sungguminasa, Resqi Irwansyah telah mengonfirmasi adanya 35 orang narapidana perempuan yang positif Covid-19.

Mereka dinyatakan positif sesuai hasil dari tes swab, setelah pada rapid test massal telah menunjukkan hasil yang reaktif.

BACA:  Libatkan Kader PKK Desa, Pemkab Takalar Konsen Turunkan Angka Stunting

Resqi menjelaskan, dari 44 orang narapidana di Lapas Perempuan itu yang hasil rapid test-nya menunjukkan reaktif, setelah menjalani tes swab, 35 diantaranya positif, sisanya sembilan orang napi dinyatakan negatif.

“Selain napi, petugas lapas juga diambil swabnya. Ada 42 orang petugas, setelah dites swab, seluruhnya dinyatakan negatif,” pungkasnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT