Genjot Pencapaian Target Kinerja Tahun 2024, FKM Unhas Gelar FGD

Gambar Gravatar
FGD FKM Unhas 2024

Makassar, SULSELSEHAT – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas mengenai strategi pencapaian target kinerja tahun 2024 khususnya pada Indikator Kinerja Utama (IKU).

Kegiatan ini berlangsung PADA Rabu, 27 Maret 2024 di Unhas Hotel & Convention yang dimulai dari pukul 15.00 WITA.

JANGAN LEWATKAN :

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Rektor Unhas yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof.  drg. Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D., Sp.BM (K), diikuti oleh sejumlah pimpinan di lingkup FKM Unhas yaitu, Pimpinan Senat,  Dekan,  Para Guru Besar, Para Wakil Dekan, Sekretaris GPM-PR, Para Ketua dan Sekretaris Departemen, Ketua Program Studi S1, S2 dan S3 serta KTU dan Para Kasubag di lingkup FKM Unhas.

BACA:  Masyarakat Diminta Cerdas, DBD dan Covid-19 Miliki Gejala yang Sama

Acara diawali dengan penyampaian Dekan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, Ph.D terkait IKU yang hadir sebagai salah satu sistem yang bertujuan untuk mengukur kinerja yang juga digunakan untuk mengevaluasi performa perguruan tinggi di Indonesia.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing perguruan tinggi, serta memastikan bahwa tujuan pendidikan nasional tercapai.

Hasil evaluasi pencapaian kinerja FKM Unhas pada tahun 2023 dari 51 indikator kinerja yang diberikan oleh Unhas yang sudah tercapai targetnya sebesar 78,43%, terdapat 16 diantaranya indikator kinerja yang jauh melampaui target.

Indikator tersebut diantaranya adalah IKU 1.B (Persentase lulusan yang melanjutkan studi, terealisasi 25,0% yang artinya dua kali lipat dari target tang ditentukan sebelumnya), dan IKU 1.C (persentase lulusan yang menjadi wiraswasta, terealisasi hingga 39,8% yakni tujuh kali lipat dari target yang telah ditentukan).

Selain itu, IKU 3.A (persentase dosen yang berkegiatan tridharma di PT QS 100 yakni 7,29% tercapai hingga tiga kali lipat),  IKU lainnya yang jauh lampaui target adalah IKU 3.C (Persentase dosen berkegiatan tridarma membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi tingkat nasional) target 5%, berhasil dicapai 43,75%  hampir 9 kali lipat.

BACA:  Tingkatkan Kualitas Pendidikan, FKM Unhas Bakal Kirim Dosen Studi Doktoral di Luar Negeri

Sementara IKU 4.C (Persentase dosen tetap berasal dari kalangan praktisi professional, dunia industri atau dunia kerja) target 12,00% tercapai 30,20% lebih dari 2 kali lipat, IKU 5.B (jumlah keluaran penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat yang diterapkan oleh Masyarakat) target 63 luaran, tercapai 119 luaran 2 kali lipat.

Adapun beberapa hambatan yang dialami oleh FKM Unhas berdasarkan hasil evaluasi IKU adalah penyerapan alumni di DUDI masih rendah, masih rendahnya minat dosen mengikuti kompetisi proposal kedaireka, jumlah mahasiswa asing yang masih rendah, jumlah inbound dan outbound students masih kurang, serta pencapaian target dana abadi yang masih rendah.

Kegiatan FGD  ini  juga memberikan kesempatan kepada para Wakil Dekan dan GPM-PR untuk menyampaiakan strategi masing-masing bidang terhadap capaian target kinerja dari 52 indikator kinerja FKM tahun 2024 yang baru diserahkan Rektor  Unhas kepada FKM Unhas.

BACA:  Pandemi Covid-19, Ini Jumlah Testing Ideal yang Harus Dilakukan di Sulsel

“Terdapat indikator baru yang diberikan di Bidang 1 diantaranya target perolehan medali Pimnas (emas=50, Silver=25, perunggu= 10) sebanyak 150 poin serta mahasiswa selesai tepat waktu dengan target 90%,” papar Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes, Wakil Dekan 1 FKM Unhas.

Melalui kegiatan FGD FKM Unhas ini diharapkan target kinerja dapat dicapai nantinya dengan menemukan strategi terbaik dalam mencapai target yang diberikan.

Dengan demikian, FKM Unhas akan menjadi fakultas yang terus menerus mampu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, memperbaiki tata kelola dan pengelolaan keuangan, serta meningkatkan kontribusinya pada masyarakat.

FKM Unhas juga diharapkan dapat menjadi fakultas maupun prodi yang mampu bersaing baik dalam skala nasional maupun internasiona  papar Dekan FKM Unhas Prof Sukri Palutturi dalam sambutan saat menutup acara FGD.[rls]

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT