Lakukan Rapid Test ke 2.125 Warga, TGC Dinkes Luwu Utara Temukan 54 Orang Reaktif

Gambar Gravatar
Gambar: Ilustrasi Rapid Test.
Gambar: Ilustrasi Rapid Test.

Luwu Utara, SULSELSEHAT – Hingga kemarin, Sabtu (20/06) Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan (Dinkes) Luwu Utara telah melakukan rapid test secara massal terhadap 2.125 warga Masamba, Luwu Utara.

Dengan jumlah sebanyak 2.125 orang ini, 54 orang di antaranya reaktif, dan 2.071 non reaktif. Sebagian besar rapid test dilakukan di pasar-pasar tradisional, sisanya adalah hasil contact tracing.

JANGAN LEWATKAN :

Sebanyak 54 jumlah warga yang dinyatakan yang reaktif langsung dilakukan pengambilan swab untuk uji RT-PCR. Sementara swab test, TGC telah melakukan pemeriksaan terhadap 901 orang, dan yang terkonfirmasi positif 45 orang, 33 di antaranya sembuh, 11 masih dirawat, dan satu meninggal.

BACA:  Mampu Periksa 140-an Sampel Swab Per Hari, Labkesda Soppeng Juga Layani Bone, Wajo dan Sidrap

“Tim Gerak Cepat tetap konsisten melakukan testing dan skrining di pasar-pasar tradisional karena biasanya tempat kerumunan merupakan sumber penularan covid-19. Apalagi saat ini pasar tradisional kurang menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Luwu Utara, Komang Krisna, Minggu (21/06/2020).

Ia juga menegaskan bahwa pada situasi seperti ini, seluruh stakeholder harus mengambil peran, dan melakukan aksi terbaik di bidang masing-masing.

“Sampaikan pemahaman kita terkait Covid-19 kepada masyarakat. Jangan runtuhkan kepercayaan itu, dan bangun kepercayaan itu untuk menyelesaikan pandemi ini secara bersama,” tegasnya.

Dalam hal pencegahan ini masyarakat adalah pihak utama yang harus mematuhi protokol kesehatan dan regulasi yang dibuat demi menekan penyebaran Covid-19.

BACA:  Covid-19 dan Pelajaran Berharga Untuk Kita

“Jadilah contoh yang baik. Stop informasi hoaks, berikan valid kepada masyarakat. Jangan mengeluh dan menyalahkan orang lain. Saatnya berkolaborasi menuntaskan pandemi ini,” tutupnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT