Inilah Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pekerja Media

Ilustrasi Media

Jakarta, SULSELSEHAT – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengatakan bahwa pandemi virus Covid-19 memiliki dampak yang cukup luar biasa terhadap jurnalis. PWI menyebut saat ini jurnalisme tengah berada dalam tekanan akibat dampak tersebut.

 

“Jurnalisme berada dalam tekanan akibat dampak COVID. Dampak COVID bukan hanya ke masyarakat tapi jurnalisme juga terdampak luar biasa. Seberapa besar bentuk tekanan tersebut, belum diketahui,” kata Ketua PWI, Atal S Depari dalam webinar “Diseminasi Informasi di Era Pandemi Covid-19”, Minggu (21/06/2020).

JANGAN LEWATKAN :

Ia juga menyebut bahwa akibat dampak tersebut banyak media yang mengalami krisis yang luar biasa. Bahkan, di antaranya terpaksa gulung tikar.

BACA:  Kabar Baik! Pemakaian Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19 di RS Dadi Mulai Menurun

“Tak sedikit yang mengeluh. Beberapa media yang kecil sudah berguguran, nggak papa,” ujarnya.

Dengan demikian, Atal mengungkap betapa pentingnya pers yang adaptif pada masa pandemi Corona. Pers harus bisa beradaptasi dengan pandemi.

“Melihat Covid-19 yang belum juga reda. Pers di Indonesia perlu beradaptasi dengan mengambil langkah-langkah inovatif untuk bertahan hidup,” ucap Atal.

Adaptasi yang dimaksud tersebut baik dalam aspek konten maupun aspek bisnis. Dalam aspek konten misalnya, wartawan harus menjalankan tugasnya sesuai dengan protokol kesehatan yang ada.

“Wartawan ini sejauh ini dapat dikatakan berhasil melaksanakan tugasnya dan hampir terbebas dari virus COVID. Jadi luar biasa mereka menjaga dirinya meski kesempatan mereka terkena COVID juga besar,” ujarnya.

BACA:  Ajak Civitas Akademika Unhas Lakukan Rapid Tes, Prof Dwia: Kalau Positif Bukan Aib

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT