Selamat! Guru Besar FK Unhas, Prof Abdul Kadir Dilantik Sebagai Dirjen Yankes Kemenkes

Prof Abdul Kadir
Guru Besar Ilmu Kesehatan Telinga, Hidung, dan Tenggorokan pada Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Hasanuddin Prof. dr. Abdul Kadir saat melakukan pengangkatan sumpah sebagai Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI, di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Kamis (22/10). (Foto: Dok Kemenkes)

Jakarta, SULSELSEHAT — Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL (K) resmi dilantik sebagai Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 

Pelantikan tersebut dilakukan langsung Menteri Kesehatan RI dr Terawan Agus Putranto, di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Kamis (22/10/2020).

JANGAN LEWATKAN :

Sekadar diketahui Prof. dr. Abdul Kadir yang merupakan pria kelahiran Selayar, 23 Mei 1962 ini, dikukuhkan sebagai guru besar di Fakultas Kedokteran Unhas pada April 2009.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Prof. dr. Abdul Kadir juga pernah menjabat beberapa jabatan strategis.

BACA:  Masyarakat Diimbau untuk Deteksi Dini Gangguan Penglihatan

Diantaranya Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kemenkes RI dan Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

Menteri Kesehatan RI dr Terawan Agus Putranto mengatakan, pergantian jabatan merupakan sarana pembinaan dan pengembangan aparatur dalam penataan organisasi. Penataan perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik.

“Karena itu saya minta khususnya kepada saudara Prof. dr.Kadir agar segera berkoordinasi melakukan konsolidasi dengan beberapa pimpinan tinggi pratama di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, untuk menajamkan pandangan dan menyerasikan gerak langkah agar program kegiatan terlaksana dengan baik,” katanya usai melantik.

Menurutnya, jabatan yang diamanahkan ini jika dilihat, di satu sisi merupakan kepercayaan dan penghormatan, tapi di sisi lain merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan baik.

BACA:  48 Perawat Gugur Tangani Covid-19, Menkes Tekankan Pentingnya Protokol Kesehatan

“Saya mengajak bapak Prof Kadir dan seluruh pejabat dan staf di lingkungan kerjanya untuk melaksanakan amanah mulia hari ini dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

Termasuk harap dr Terawan, untuk kemajuan pembangunan manusia di bidang pelayanan kesehatan, khususnya di masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Dirinya pun mengingatkan, agar dalam pekerjaan yang dilakukan tidak dikerjakan sendiri tetapi harus bersikap terbuka dan bersedia menerima masukan dari semua pihak.

Olehnya, belajar menumbuhkan suasana kondusif untuk menjamin kelancaran tugas-tugas yang diemban.

“Saya minta agar saudara dapat melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Sementara, Kepala Balai Besar Kesehatan Paru Makassar (BBKPM) dr. Aswan Usman mengaku bangga dengan apa yang telah di amanahkan kepada Prof Abdul Kadir.

BACA:  Hadapi Covid-19, Kemenkes Anggarkan Rp 1 Triliun untuk Dokter PPDS

“Saya mewakili pimpinan dan staf BBKPM menyampaikan selamat dan sukses atas amanah baru yang diberikan. Semoga seluruh tanggung jawab yang diberikan dapat dikerjakan dengan baik sesuai pemenuhan peningkatan pelayanan kesehatan ke masyarakat secara luas,” katanya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT