RS Hikmah Medika Kabupaten Wajo Jadi Pusat Karantina Pasien Covid-19

Ilustrasi rumah sakit yang menangani pasien virus corona atau Covid-19.
Ilustrasi rumah sakit yang menangani pasien virus corona atau Covid-19. (Foto: Jamberita.com)

Wajo, SULSELSEHAT.COM — Untuk memaksimalkan penanganan pasien terkonfirmasi virus corona atau Covid-19 di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sulsel memperluas program Wisata Covid-19 ke daerah.

Selain di Kota Makassar dan Kota Palopo, program Wisata Covid-19 atau layanan karantina terpusat untuk pasien Covid-19 ini juga telah dibuka di Kabupaten Wajo. Lokasinya pun dipusatkan di Rumah Sakit Hikmah Citra Medika Kabupaten Wajo, Jalan Tempe, Danau Tempe.

JANGAN LEWATKAN :

“Tempat karantina ini untuk pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG). Pusat karantina ini resmi dibuka pada Senin (4/1) lalu,” kata Kordinator Wisata Duta Covid-19, Husni Thamrin, Rabu (6/1/2020).

BACA:  Pemprov Sulsel Libatkan 1.000 Tokoh Agama dalam Penanganan Covid-19

Ia mengatakan, kehadiran karantina terpusat di wilayah Kabupaten Wajo ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Adapun total kamar yang digunakan untuk perawatan isolasi mandiri atau karantina pasien sebanyak 64 kamar.

“Harapan bapak gubernur bagaimana kehadiran Wisata Covid-19 di Kabupaten Wajo ini dapat mendekatkan pelayanan kita kepada masyarakat dalam rangka mengatasi penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, khususnya di Kabupaten Wajo,” katanya lagi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sulsel ini mengungkapkan, program Wisata Covid-19 juga akan diperluas dibeberapa Kabupaten/kota lainnya. Antara lain, di Kota Parepare dan Kabupaten Bantaeng secara bertahap.

“Saat ini Wisata Covid-19 sudah ada di Kota Makassar, Kota Palopo, dan Kabupaten Wajo. Selanjutnya di Kota Parepare dan Kabupaten Bantaeng,” terangnya.

BACA:  Update Covid-19: Total 663 Kasus Positif di Kabupaten Gowa, 18 Kasus Baru

Ia pun mengajak masyarakat, khususnya yang telah melakukan kontak erat kepada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 agar melakukan swab test dan menjalani karantina bagi yang terpapar untuk menekan terjadinya penyebaran dan penularan yang semakin meluas.

“Bagi yang merasa kontak erat bersama pasien positif Covid-19 agar kiranya melakukan swab test atau rapid test antigen dan menjalani karantina di tempat isolasi yang telah disiapkan pemerintah jika memang hasilnya positif,” tutup Husni.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT