Inilah 15 Khasiat dan Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Daun Binahong
Gambar: Daun Binahong, Tanaman Dengan Khasiat yang Banyak Bagi Kesehatan Tubuh.

SULSELSEHAT  – Daun binahong adalah tanaman yang sangat mudah ditemukan di wilayah manapun, baik dataran rendah ataupun wilayah dataran tinggi.

 

Ciri khas Binahong adalah tumbuh menjalar dengan batangnya yang lunak, berdaun tunggal serta berbunga majemuk.

Daun binahong dikenal sebagai tanaman obat karena khasiat yang dikandungnya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik ringan maupun berat.

Binahong diketahui mampu melancarkan peredaran darah serta bisa mengembalikan daya tahan tubuh, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Khasiat yang terkandung dalam tanaman ini bukan hanya itu saja, namun masih banyak yang lainnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut khasiat yang terkandung dalam tanaman daun Binahong bagi kesehatan:

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat binahong adalah dapat mencegah penuaan dini. Penuaan merupakan efek samping akibat dari stres oksidatif. Meskipun kondisi ini adalah proses alami, tetapi adanya radikal bebas dapat memperburuk kondisinya.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit sehingga membuat kulit keriput dan rusak. Daun binahong memiliki kandungan antioksidan, seperti lutein, Vitamin A, C, betakaroten, dan zeaxanthin yang berguna memberi perlindungan pada organ dan kulit Anda dari serangan radikal bebas.

Daun binahong juga dapat menjadi sumber vitamin A dan C yang baik. Vitamin A dan C sendiri memang dikenal dapat menjaga kulit agar tetap sehat.

Kedua vitamin ini akan membantu kulit Anda menjadi lebih elastis, meremajakan kulit secara alami, dan tentunya mencegah penuaan dini.

Mengobati Luka Bakar

Ketika memiliki luka bakar maka harus mendapatkan penanganan yang cepat. Dari penelitian yang dirilis pada tahun 2017 lalu, terbukti bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong mampu mengobati luka bakar dengan cepat.

Solusi dari proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit.

Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik ketimbang tidak menggunakan daun binahong.

Mengobati Maag

Ketika memiliki penyakit maag akut yang kerap kambuh saat jadwal makan berantakan, maka daun binahong bisa menjadi solusinya. Kandungan yang ada di dalam daun binahong akan membuat perut Anda menjadi tenang.

Selain mengobati maag, teratur minum jus binahong atau air rebusan binahong, juga bisa mengobati penyakit disentri pada sistem pencernaan.

Dengan mengonsumsi daun binahong dapat mengendalikan asam lambung agar tetap terkendali dan tidak naik yang menyebabkan maag kambuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ternyata mengonsumsi daun binahong bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan saponin dalam daun binahong dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Untuk caranya cukup dengan menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Tambahkan gula atau madu sehingga rasanya jadi lebih manis. Resep ini dapat dikonsumsi dua kali sehari.

Mencegah Kanker

Manfaat daun binahong bagi kesehatan mampu membantu mencegah kanker. Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh.

Daun binahong sebagai tanaman yang mudah tumbuh di wilayah Indonesia, bisa Anda konsumsi sebagai bentuk pencegahan terhadap berbagai jenis kanker.

Daun binahong tinggi akan antioksidan pigmen karotenoid esensial, seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein.

Kandungan antioksidan dalam daun binahong terbukti efektif mencegah kanker. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus daun binahong dan meminum airnya 3 kali sehari.

Memulihkan Stamina

Air rebusan daun binahong dapat mengembalikan stamina tubuh yang kelelahan. Anda cukup merebus 1 daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan mengonsumsinya secara berkala.

Bahkan, air rebusan daun binahong juga dapat meningkatkan vitalitas pria jika dikonsumsi dalam dosis yang lebih banyak. Tapi tentu saja, pastikan tidak ada reaksi negatif dari tubuh sebelum mencobanya.

Mencegah Diabetes

Kadar gula tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Jika Anda ingin mengendalikannya, selain mengatur pola makan, manfaat daun binahong juga bisa jadi pilihan.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang memiliki sifat hipoglikemik. Bahkan daun binahong dikenal memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah secara optimal dan menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes mellitus. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

Mengobati Asam Urat

Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh.

Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat.

Jadi, apabila Anda merasa telah makan hidangan seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, ada baiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

Mengatasi Anemia

Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal. Perlu asupan zat besi untuk mengimbanginya. Nah, daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah agar seseorang tidak lagi merasakan anemia.

Mengatasi Masalah Otak

Permasalahan otak dapat menyerang anak-anak hingga dewasa. Penyebabnya pun beragam, mulai dari bakteri, virus, asupan makanan, hingga benturan yang terlalu keras.

Cara mengatasi permasalahan otak, daun binahong dapat menjadi salah satu solusinya. Meski begitu, tidak semua jenis penyakit otak bisa diatasi dengan daun binahong.

Masalah otak yang disebabkan oleh benturan keras, menjadi salah satu masalah otak yang bisa diatasi dengan daun binahong. Caranya dengan merebus daun binahong dan mengonsumsinya secara rutin.

Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun binahong yang satu ini mungkin baik untuk anak-anak yang susah makan, atau mengalami masalah nafsu makan.

Anda juga bisa menambah vitamin untuk meningkatkan nafsu makan salah satunya dari rebusan daun binahong. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin, hal ini akan memberikan efek yang baik untuk anak yang susah makan.

Membantu Penyembuhan Setelah Operasi

Daun binahong memiliki manfaat bagi pasien yang baru saja melakukan operasi. Dalam masa penyembuhan tersebut pasien bisa minum air rebusan daun binahong setiap hari sebagai solusi penyembuhan alami dan efektif. Hal tersebut karena daun binahong mengandung mineral dan protein yang baik.

Memelihara Kesehatan Mata

Merawat mata biasanya dilakukan dengan mengonsumsi vitamin seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

Namun tahukah Anda bahwa daun binahong memiliki kandungan vitamin A, bahkan batangnya juga merupakan sumber vitamin A yang baik dalam menjaga kesehatan mata.

Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menghindarkan Anda dari penyakit mata, seperti rabun jauh.

Menjaga Mengatasi Kolesterol

Manfaat binahong yang berikutnya yaitu dapat mengatasi kolesterol. Kolesterol pada pembuluh darah dapat memicu munculnya plak pada pembuluh darah, yang nantinya akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Adanya penyumbatan pada pembuluh darah ini akan mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat. Dan jika dibiarkan, kolesterol tinggi dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke.

Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa menggunakan daun binahong sebagai solusi dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

Khasiat dari daun binahong dapat membantu menetralisir kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat binahong yang terakhir yaitu untuk meningkatkan daya ingat. Dengan kandungan yang kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya, daun binahong dapat mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam.

Kandungan lainnya yang berupa tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12 sudah dihubungkan dengan munculnya risiko depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi.

Masih banyak lagi khasiat dari daun binahong, tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT