Ini 8 Tips Jaga Mental Jiwa dan Raga Tetap Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Sehat Lahir batin
Healthy Life @amazingmemovement.com

SULSELSEHAT – Wabah Covid-19 telah gempar sejak beberapa bulan yang lalu. Maraknya pemberitaan media dapat membuat mental jadi tertekan. Pasalnya, kian hari jumlah pasien positif selalu bertambah.

 

Tapi tenang, kita tidak boleh panik. Tetap jaga kesehatan, selalu berpikiran positif dan juga mematuhi protokol kesehatan yang diserukan oleh pihak terkait.

JANGAN LEWATKAN :

Kali ini ada beberapa tips biar kita tidak panik saat menghadapi pandemi Covid-19. Simak ya!

1. Berbagi Hal Positif

Sharing dan berbagi informasi yang bermanfaat sangat bagus dilakukan saat menjalani kehidupan #dirumahaja. Contoh kecilnya ialah saling berbagi curahan hati bersama orang terdekat atau orang terpercaya, misalnya keluarga, pasangan, sahabat, atau teman lainnya. Tapi bahan yang dibahas harus yang positif yah teman-teman. Hindari membahas sesuatu yang tambah bikin stress.

BACA:  Breaking News: Dekan Fakultas Hukum Unhas Positif Covid-19

2. Komunikasi dengan yang Tersayang

Selalu lakukan komunikasi dengan orang tersayang. Tidak boleh keluar rumah, di rumah pun tidak apa-apa. Kita bisa menggunakan smartphone untuk berkomunikasi dengan orang kesayangan. Manfaatkan media sosial, seperti whatsapp, facebook, instagram dan masih banyak lainnya.

3. Belajar Menyaring Informasi

Kita harus bijak dalam menyaring informasi terutama di masa pandemi sekarang. Mengapa demikian? Saat ini sudah banyak situs palsu yang memberitakan informasi hoax; beritanya tidak benar namun sangat mudah di telaah oleh masyarakat awam.

Hoax bisa membuat mental kita terganggu, bahkan membuat panik atau ketakutan saat membacanya. Gunakan sumber yang terpercaya dalam mendapatkan informasi tentang Covid-19, seperti link yang telah di anjurkan langsung oleh pemerintah atau badan kesehatan, situs web WHO, Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan.

Jangan pernah langsung menerima berita yang tersebar di media sosial, karena biasanya berita yang beredar di media sosial belum terbukti kebenarannya.

BACA:  Terus Meningkat, Positif Covid-19 di Sulsel Kini Capai 5.214 Kasus

4. Olahraga Teratur

Nah, berolahraga juga sangat penting bagi kesehatan fisik maupun jiwa. Sehat tubuh kita, otomatis jiwa serta mental kita akan mengikuti. Lakukan olahraga minimal 2 kali seminggu, agar tubuh tetap kuat di tengah pandemi seperti ini.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Selain 4 hal di atas, mengkonsumsi makanan yang sehat adalah merupakan pola jaga kesehatan yang tidak kalah penting. Memenuhi nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat, 5 sempurna. Rajin mengkonsumsi air putih. Atur pola makan yang sehat dan juga selingi dengan istirahat yang teratur pula.

6. Jangan Panik! Tetap Jaga Kebersihan

Ditengah pandemi covid-19, kebersihan sangat perlu diperhatikan. Salah satunya yakni mencuci tangah ketika telah menyentuh apapun atau setelah berkeluaran dari luar rumah. Mencuci tangan menggunakan sabun selama kurang lebih 20 detik.

BACA:  Sakka Pati: Rekomendasi IKA Unhas Berisi Model Pengendalian Covid-19 Secara TSM

Aliran air lalu akan menghanyutkan debu dan sisa-sisa virus yang telah dihancurkan. Tidak perlu panik mencari dan membeli cairan antiseptik handsrub yang harganya sudah tidak masuk akal.

7. Patuhi Protokol Kesehatan

Walaupun kita berada di negara yang panas dan lembap, faktanya penyebaran virus SARS Cov-2 tidak terpengaruh cuaca dan bisa bertransmisi di semua area.

Gunakanlah masker, hindari keramaian, jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter, patuhi untuk selalu dirumah saja, jangan mudik, jangan piknik. Lindungi kehidupan orang lain, keluarga di sekeliling kita, termasuk orang-orang yang kita cintai di kampung halaman sana.

8. Hubungi Dokter Psikolog

Jika dibutuhkan, ada banyak hotline yang bisa Anda hubungi untuk berkonsultasi dengan tenaga professional seperti psikolog klinis dan dokter spesialis kedokteran jiwa/psikiater.

Tetap jaga kesehatan jiwa dan raga kita selama masa pandemi. Semoga sehat selalu ya!

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT