Mengkudu Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh, Cocok Dikonsumsi Saat Pandemi Covid-19

Jus Buah Mengkudu
Jus Buah Mengkudu

SULSELSEHAT – Mengkudu adalah jenis buah dengan aroma menyengat yang tidak mengenakkan indera penciuman. Salah satu buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia, khususnya daerah Sulawesi Selatan.

Kendati memiliki bau yang tidak sedap namun banyak masyarakat percaya akan khasiat ampuh yang dimiliki oleh buah mengkudu. Salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol.

JANGAN LEWATKAN :

Untuk dikonsumsi, biasanya buah mengkudu diolah menjadi jus. Bahkan untuk saat ini sudah banyak minuman herbal mengkudu yang dijual dalam bentuk kemasan.

Bukan hanya isinya saja, kulit mengkudu juga bisa dijadikan kapsul herbal setelah dikeringkan. Walaupun rasanya pahit, namun masyarakat banyak yang mengkonsumsinya untuk kebutuhan kesehatan.

Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, jus buah mengkudu sangat cocok untuk dikonsumsi. Melihat gejala Covid-19 yang sering muncul adalah demam, sakit kepala bahkan imunitas tubuh yang rendah, maka mengkonsumsi buah mengkudu adalah solusinya.

BACA:  Update Covid-19 Makassar: Pasien Sembuh Terus Bertambah, ODP 172 dan PDP 239

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah sejumlah manfaat mengkonsumsi buah mengkudu untuk kesehatan tubuh.

1. Mampu Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan meminum 29 hingga 188 mililiter jus mengkudu secara signifikan mengurangi kolesterol total dan meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi, bentuk kolesterol yang baik.

Mengkudu juga mengurangi lipoprotein densitas rendah, suatu bentuk kolesterol buruk.

2. Mencegah Kanker

Selain dapat menurunkan kolesterol, manfaat buah mengkudu lainnya adalah dapat mencegah kanker. Dengan kandungan berbagai macam antioksidan, buah mengkudu mampu mengatasi risiko terjadinya kanker.

Selain itu, buah mengkudu diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

3. Mengurangi Rasa Sakit Kepala

Selama ini buah mengkudu juga dikenal ampuh digunakan dalam pengobatan tradisional untuk efek penghilang rasa sakitnya.

Berdasarkan penelitian, dalam 1 bulan, orang dengan artritis degeneratif pada tulang belakang mengonsumsi 15 ml jus mengkudu dua kali sehari. Lalu melaporkan rasa sakit yang secara signifikan lebih rendah dengan pengurangan total nyeri leher pada 60% peserta.

BACA:  Melonjak Lagi, Hari Ini Kasus Baru Covid-19 Sulsel Tembus 150

4. Menurunkan Demam

Buah mengkudu juga mampu mengatasi demam. Karena kandungan zat-zat penting yang dimilikinya, mengkudu dapat membantu penyembuhan demam, nyeri, hingga batuk.

Meski rasanya pahit dan baunya yang tajam, kamu pastinya tidak akan rugi bila mengonsumsi buah mengkudu ini secara teratur.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jus buah mengkudu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Faktanya, penduduk Kepulauan Pasifik percaya bahwa memakan buah mengkudu memperkuat tubuh selama perjalanan memancing dan pelayaran yang panjang.

Beberapa penelitian juga menunjukkan efek positif dari minum jus mengkudu selama berolahraga.

Sebagai contoh, satu studi 3 minggu memberi pelari jarak jauh 3,4 ons (100 ml) jus mengkudu atau plasebo dua kali sehari. Kelompok yang minum jus mengkudu mengalami peningkatan 21% dalam waktu rata-rata untuk kelelahan, yang menunjukkan peningkatan daya tahan tubuh.

Peningkatan daya tahan tubuh kemungkinan terkait dengan antioksidan yang terkandung dalam mengkudu yang dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasanya terjadi selama olahraga.

BACA:  Update Covid-19: 130 Kasus Baru di Sulsel, 4 Meninggal Dunia

Penelitian telah menunjukkan efek positif mengkudu dalam melawan infeksi dan penyakit lain karena adanya polisakarida, yang membantu merangsang aktivitas sel darah putih dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan yang berfungsi di dalam tubuhmu.

Buah mengkudu juga  miliki kandungan sifat anti bakteri, anti inflamasi, anti jamur, dan anti histamin yang mampu tingkatkan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jus mengkudu sangat kaya akan vitamin A, protein, kalsium, dan zat besi. Ini merupakan nutrisi penting untuk sistem pencernaan. Jika kamu menderita pencernaan yang lambat atau buang air besar yang lambat, mengkudu dapat memperbaiki keadaan tersebut.

Jus atau ekstrak mengkudu dapat memberikan efek stimulasi pada pencernaan. Ini mengarah ke gerakan peristaltik yang merupakan proses penyempitan tak sadar dan relaksasi otot-otot usus, dan pembersihan usus besar.

***

Nah, jangan tunggu waktu lama lagi untuk segera mengonsumsi jus mengkudu dengan teratur setiap harinya, agar Anda tetap sehat beraktifitas meski di tengah pandemi Covid-19.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT