Asap Rokok dan Stunting; Ibu Hamil Perlu Perlindungan Optimal

Stunting dan Asap Rokok

Oleh: Prof. dr. H. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D
(Dosen dan Guru Besar FKM Universitas Hasanuddin)

SULSELSEHAT – Asap rokok adalah salah satu faktor yang terkait dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

JANGAN LEWATKAN :

Ibu hamil yang hidup bersama suami perokok, apalagi merokok dalam rumah, akan mempengaruhi kondisi anak lahir.

Sudah ada hasil penelitian yang memperlihatkan bagaimana nikotin dan racun lainnya bisa menembus barrier placenta dan menyebabkan gangguan pertumbuhan. Walaupun juga dipahami bahwa itu hanya sensitif pada sebagian ibu hamil saja.

BACA:  Dampak Pandemi, Stunting di Sulsel Diprediksi Meningkat 10-15 Persen

Jumlah perokok di Indonesia memang relatif tinggi. Sekitar 70% pria dewasa merokok aktif setap hari.

Nilai uang yang dibakar setiap hari mencapai nilai yang fantastis. Bahkan sebagian keluarga di negara ini memiliki pengeluaran terbesar rumah tangga adalah rokok setelah makanan pokok.

Artinya, pengeluaran rokok lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran makanan sumber protein hewani seperti ikan, telur, dan daging.

Padahal tidak sedikit dalam keluarga tersebut ada ibu hamil atau anak Balita yang membutuhkan makanan sumber protein yang tinggi.

Ibu hamil memang tidak hanya butuh makanan yang bergizi. Mereka perlu dilindungi dari berbagai hal yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungannya.

BACA:  Tekan Angka Stunting, Puskesmas Kanjilo Gowa Bentuk Duta Posyandu Remaja

Kepedulian kepada mereka sangat diperlukan. Semua harus peduli termasuk masyarakat, keluarga, dan orang-oraang yang sangat dekat dengan mereka.

Dalam rahim mereka kita harapkan akan lahir calon-calon pemimpin yang akan membawa kemajuan negara ini.

Surat An-Nahl (16) Ayat 72:

وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًۭا وَجَعَلَ لَكُم مِّنْ أَزْوَٰجِكُم بَنِينَ وَحَفَدَةًۭ وَرَزَقَكُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَـٰتِ ۚ أَفَبِٱلْبَـٰطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ ٱللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

Artinya: “Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?”

SIAPKANLAH GENERASI TERBAIK MELALUI PERLINDUNGAN YANG OPTIMAL SEJAK DALAM KANDUNGAN.

BACA:  Ahli Gizi Ini Yakin Stunting Meningkat Akibat Pandemi Covid-19

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT