Cegah Stunting, Hindarkan Ibu Hamil dari Stress

Stress Ibu Hamil

Oleh: Prof. dr. H. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D
(Dosen dan Guru Besar FKM Universitas Hasanuddin)

STRES pada ibu hamil adalah salah satu pemicu keterlambatan pertumbuhan pada janin. Ibu hamil seharusnya dalam kondisi yang nyaman dan dapat beristrahat dalam waktu yang cukup.

JANGAN LEWATKAN :

Kadang ada ibu hamil yang bekerja baik di rumah maupun di luar rumah non stop. Atau mereka yang harus bekerja keras seharian karena tuntutan hidup.

Atau mereka yang berada di lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang menyadari pentingnya istrahat dan ketenangan pada ibu hamil.

BACA:  Perangi Stunting, Bantaeng Hadirkan Pusat Penanggulangan Gizi Terpadu

Ibu hamil adalah pahlawan untuk mencetak generasi penerus yang diharapkan lebih baik. Dalam kehidupan yang materialistik saat ini kadang ada ibu yang memutuskan tidak ingin punya anak.

Atau, mereka membatasi satu anak saja. Mereka merasa repot punya beberapa anak dan bahkan tidak punya waktu untuk mendampingi anaknya kecuali hari libur.

Bagi mereka anak itu bukan penentu kehidupan setelah di dunia ini. Anak sekedar pelengkap keluarga saja. Mereka menyerahkan anaknya kepada orang lain.

Perlakuan kita kepada ibu hamil harus ditingkatkan seiring dengan upaya percepatan penurunan stunting.

Kita telah diingatkan bahwa ibu hamil mengalami kesulitan demi kesulitan. Beban ibu hamil itu berat. Kita berkewajiban meringankan beban mereka. Kita harus cukupkan kebutuhan mereka. Biarlah mereka banyak beristrahat.

BACA:  Kolom Prof Veny Hadju: Memahami Stunting

Siapkan makanan bergizi dan suplemen yang mencukupkan kebutuhan mereka akan berbagai zat gizi. Tersenyumlah kepada mereka dan sapalah mereka dengan lembut agar kebahagiaan terpancar dari wajah mereka.

Surat Luqman (31) Ayat 14:
وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَـٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍۢ وَفِصَـٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

Yang artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”

BERIKAN PERHATIAN YANG TERBAIK KEPADA IBU HAMIL KARENA BOLEH JADI JANIN DALAM KANDUNGANNYA PENENTU MASA DEPAN BANGSA INI.

BACA:  Peran Desa dan Masyarakat Bantu Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Gowa

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT