Stunting dan Angka BBLR yang Masih Tinggi

Stunting BBLR

Oleh: Prof. dr. H. Veni Hadju, M.Sc., Ph.D
(Dosen dan Guru Besar FKM Universitas Hasanuddin)

SULSELSEHAT – Bayi lahir dengan berat badan di bawah 2500 gram disebut bayi dengan berat badan lahir rendah atau BBLR.

JANGAN LEWATKAN :

Dampak BBLR terhadap kejadian stunting sangat besar. Apalagi perawatan BBLR di daerah yang jauh dari pelayanan kesehatan.

Angka BBLR secara nasional masih dalam kisaran 10% dan masih sangat tinggi dibandingkan negara-negara berpendapatan menengah lainnya.

Bahkan, angka ini bisa di atas 20% di daerah miskin dengan pendidikan orang tua yang rendah. Tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini memang agak sulit.

BACA:  Asap Rokok dan Stunting; Ibu Hamil Perlu Perlindungan Optimal

Indonesia adalah negara yang cukup luas dengan kondisi geografis yang bervariasi. Selain budaya yang kadang masih primitif, kemampuan petugas untuk menjangkau daerah yang terisolir tentu sangat terbatas.

Alhasil, kebiasaan yang ada di masyarkat sangat sulit dirubah. Banyak LSM dan Ormas mencoba terjun di area ini namun lagi-lagi tenaganya masih terbatas.

Keluarga miskin memang bukan hanya diberi makan atau bantuan pangan. Perlu ada edukasi yang membuat mereka paham dan berubah. Edukasi pun harus dilakukan sesuai dengan kapasitas mereka.

Ada satu daerah yang kalau hamil bahkan membatasi makanan karena takut bayinya besar. Ada yang tidak peduli dengan janin dalam kandungannya dan berbuat semaunya.

BACA:  Tahun 2023, Sulsel Target Angka Stunting Menurun di 14 Persen

Padahal berbuat kebaikan sejak janin dalam kandungan akan memberikan pengaruh yang besar terhadap perrtumbuhan bayi dan kehidupannya sampai dewasa.

Allah SWT berfirman dalam Surat An-Nahl (16) Ayat 97:

مَنْ عَمِلَ صَـٰلِحًۭا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌۭ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةًۭ طَيِّبَةًۭ ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

BERIKAN YANG TERBAIK BUAT DIRIMU KARENA ITU UNTUK DIRIMU SENDIRI.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT